Ra Momon: P2KD Harus Netral

1568 views

image

Bangkalan, maduracorner.com – Panitia pemilihan kepala desa (P2KD) tidak boleh berpihak (netral), agar pesta demokrasi pemilihan kepala desa (pilkades) serentak gelombang kedua yang akan dilaksanakan Oktober 2016 nanti berjalan kondusif. Hal tersebut disampaikan Bupati Bangkalan saat memberi sambutan pada acara Asistensi Pengamanan Pilkades Serentak 2016 yang digelar di aula MAN Bangkalan. Kegiatan ini diikuti 142 anggota P2KD se-Kabupaten Bangkalan.

“Kami harap kepada seluruh P2KD, nanti pada pelaksanaan pilkades serentak gelombang kedua, tidak boleh memihak (netral), supaya  semuanya berjalan lancar, aman dan kondusif sebagaimana pelaksanaan pilkades serentak periode pertama,” ujar Bupati Bangkalan, Moh. Makmun Ibnu Fuad, Kamis, (23/6/2016).

Menurut Ra Momon (sapaan akrab Bupati Bangkalan) pilkades serentak boleh dikatakan sebagai momentum dalam pergantian pimpinan di tingkat desa. Masyarakat mempunyai peran penting dalam menentukan kebijakan desanya. Bagaimana masyarakat memilih pemimpin untuk kepentingan bersama, bukan untuk perorangan atau kelompok.

“Kita jadikan ramadhan ini sebagai momen untuk bersatu, tidak mudah  terpecah belah dan jaga sportivitas karena menang kalah dalam pilkades merupakan hal yang biasa,” pungkas Ra Momon.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan, AKBP Anissullah M Ridha dalam kata sambutannya mengatakan bahwa pada waktu pelaksanaan pilkades serentak gelombang kedua nanti, masyarakat yang hendak mencoblos dilarang membawa senjata tajam (sajam), senjata api (senpi) dan miras. 

“Jika warga masih membawa sajam, senpi maupun miras pada saat pelaksanaan pilkades serentak. Aparat gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, Satpol PP dan Dishub Kominfo Bangkalan tidak pandang bulu akan mengambil tindakan tegas,” tegasnya.

Kapolres Bangkalan juga berharap kepada seluruh P2KD agar dalam menjalankan tugasnya jangan sampai timbul intrik-intrik yang mengundang masalah. Bekerjalah sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Penulis : yayan
Editor : Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia