Ramadhan, Harga Sembako Merangkak Naik

731 views
harga sembako di pasar tradisional mulai naik. foto : aryan/mc.com

harga sembako di pasar tradisional mulai naik. foto : aryan/mc.com

Harga Sembako Mulai Naik | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Memasuki bulan Ramadhan, harga sejumlah  kebutuhana pokok mulai merangkak naik. Bahkan untuk daging ayam potong, cabe merah keriting dan bawang merah harga sudah melambung sejak kenaikan BBM. Sedangkan harga kebutuhan pokok lain juga ikut naik tapi masih dalam batas wajar.

“Yang paling mencolok kenaikannya adalah cabe merah keriting dari Rp 35 ribu menjadi Rp 70ribu/kg. Bawang merah dari Rp 20 ribu menjadi Rp 40 ribu/kg dan daging  ayam potong jenis ras dari Rp 24 ribu menjadi Rp 35 ribu/kg,” ujar Hj. Aminah di pasar K.L.Duwur jalan Halim Perdana Kusuma Bangkalan, Selasa, (9/7).

Sebelumnya, kata Aminah, bawang merah, cabe merah keriting dan telur ayam ras sudah 5 kali mengalami kenaikan. Sedangkan yang lainnya, seperti minyak goreng naik dari Rp 8 ribu menjadi Rp 9 ribu/kg, daging sapi dari Rp 90 ribu naik menjadi Rp 95 ribu/kg, beras dari Rp 7. 500 naik menjadi Rp 8.500/kg. Kebutuhan pokok dan bumbu dapur lainnya juga ikut mengalami kenaikan dikisaran Rp 500 – Rp 1 ribu/kg-nya.

“Fluktuasi harga masih akan terus bergerak hingga menjelang hari raya Idul Fitri 1434 H. nanti,” ungkap Aminah memprediksi.

Kepala Disperindag Bangkalan, Nawawi mengatakan kenaikan mencolok harga bawang merah dan cabe merah keriting lebih banyak disebabkan oleh faktor naiknya ongkos transportasi dan berkurangnya pasokan dari petani terhadap 2 jenis komuditi tersebut.

“Kita akan terus melakukan pemantauan secara berkala di seluruh pasar tradisional dan mencoba menstabilkan kenaikan sembilan bahan pokok (sembako). Agar kenailkan harga yang terjadi tidak terlalu signifikan,” pungkas Nawawi.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia