Ramadhan Makin Dekat, Harga Daging Sapi Makin Tinggi

730 views

image

Penjual Daging

Bangkalan, maduracorner.com – Harga kebutuhan pokok terus mengalami kenaikan dua pekan menjelang masuk bulan ramadhan. Mulai dari beras hingga minyak goreng.  Kondisi ini Nampak di di pasar Ki Lemah Duwur (KLD) jalan Halim Perdana Kusuma Bangkalan.

Dari pantauan maduracorner.com di pasar induk tersebut, harga daging sapi secara perlahan mengalami kenaikan. Jika sebelumnya sempat stabil di harga Rp 100 ribu/kg selama bulan mei kemarin, namun mulai senin (1/6/2015) pagi harganya naik menjadi Rp 110 ribu/kg atau mengalami kenaikan Rp 10 ribu/kg-nya.

Para pedagang pun membenarkan hal ini. Menurut mereka, kondisi ini memang kerap dan hampir pasti terjadi saat menjelang ramadhan setiap tahunnya.

“Bulan ramadhan tahun lalu, harga daging sapi naik dari Rp 40 ribu/kg menjadi Rp.60 ribu/kg. Bahkan saat H-2 Iedul Fitri, menembus harga Rp 75 ribu/kg”,ujar salah seorang pedagang daging sapi di pasar KLD, Maimunah kepada maduracorner.com.

“Tidak tertutup kemungkinan, harga daging sapi bisa jadi akan naik lagi lebih dari Rp 110 ribu/kg saat bulan ramadhan. Saya prediksi bisa menembus harga Rp 130 ribu/kg jelang Iedul Fitri 1436 H nanti,”jelasnya lagi.

Maimunah juga menjelaskan, kenaikan harga daging sapi ini terjadi akibat meningkatnya permintaan dari konsumen. Sementara stok daging sapi berkurang.

“Tapi anehnya, harga daging sapi berangsur – angsur kembali normal begitu usai lebaran. Saya kurang tahu kenapa. Kalau saya dan para penjual disini kan mengikuti harga pasaran terutama harga dari jagal”,pungkasnya. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Sahraawy