Rampungkan Terminal Induk Bangkalan, Pemerintah Pusat Gelontorkan Rp 12,5 Miliar

terminal induk Bangkalan di desa Masaran Trageh-foto: Agus/MC.com

terminal induk Bangkalan di desa Masaran Trageh-foto: Agus/MC.com

Terminal Induk Desa Masaran di Target Selesai tahun ini I Oleh : Agus Budi

Maduracorner.com, Bangkalan – Pembangunan Terminal Induk di Desa Masaran, Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan yang sempat mandekn tampaknya bakal segera dilanjutkan. Pasalnya pemerintah pusat melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Propinsi Jawa Timur (Jatim) telah mengalokasikan dana sebesar Rp 12, 5 Miliar untuk merampungkan pembangunan terminal tipe A tersebut agar pembangunan yang direncanakan dengan total anggaran sebesar Rp 50 miliar itu bisa dioperasionalkan tahun 2015 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Abd. Hamed melalui Kabid Sarana dan Prasarana (Sarpras) Zainal Arifin mengatakan, sesuai dengan hasil rarat Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Timur yang berkoordinasi dengan Dishubkominfo Bangkalan, akan segera melanjutkan pembangunan terminal Induk yang lokasinya berbatasan dengan Kecamatan Burneh itu.”insayaallah Triwulan ketiga sekitar Agustus-September nanti pembangunan kembali dilanjutkan,” jelas Zainal diruang kerjanya. Jumat(16/5)

Menurut Zainal, untuk mengejar target penyelesaian pembangunan, agar tahun 2015 bisa dioperasionalkan, pihaknya mengaku akan menggenjot pembangunan. Terbukti anggaran yang dikucurkan pun setiap tahun semakin besar, semula, pada tahun 2012 lalu sebesar 4,5 miliar, selanjutnya pada tahun 2013 sebesar Rp 5 Miliar dan tahun 2014 Rp 12,5 Miliar, ini merupakan upaya pemerintah untuk segera merampungkan pembangunan terminal tersebut.”Ya sesuai target 2015 sudah bisa dioperasikan,” katanya.

Oleh karena itu kata Zainal, pada tahun 2014 ini, Sarana-prasarana yang paling utama yang harus diutamakan dan segera harus terselsaikan seperti, Shalter angkutan, pintu keluar masuk terminal harus rampung akhir 2014. Sedangkan untuk fasilitas penunjang seperti Taman, kios atau pertokoan menyusul. ”harapan kami, akhir 2014 ini pembangunan fasilitas wajib itu sudah harus selesai,” tambahnya.

Dari data yang ada dikantor badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda), tercatat luas tanah untuk pembangunan tersebut 1,9 hektare dengan target penyelesaian akhir 2014. Sehingga, pada 2015 mendatang terminal tipe A itu dapat dioperasikan secara resmi di Bangkalan Pembangunan terminal induk itu berfungsi sebagai tempat mangkalnya bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) maupun MPU lintas baik dari kawasan kota maupun rute Bangkalan-Sampang, Pamekasan, hingga Sumenep. Keberadaan terminal induk di sekitar jalan akses Suramadu itu sangat berarti bagi Kabupaten Bangkalan. Karena akan memberi kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang besar bagi Kabupaten Bangakalan.(gus/shb)

Email Autoresponder indonesia