Rangsang Minat Baca, Pusling Turba Ke Sekolah-sekolah

1157 views
Motivasi memperluas wawasan semakin terwadahi dengan adanya mobil pusling. foto : aryan/mc.com

Motivasi memperluas wawasan semakin terwadahi dengan adanya mobil pusling. foto : aryan/mc.com

Pusling Rambah Sekolah Dan Ponpes se-kabupaten Bangkalan | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Untuk meningkatkan wawasan tak cukup hanya mengandalkan materi pelajaran di sekolah. Karena perkembangan ilmu pengetahuan sifatnya dinamis dan sangat luas, yang tentunya tidak semuanya tersedia di sekolah. Potensi inilah yang dimanfaatkan siswa sekolah dengan adanya fasilitas mobil perpustakaan keliling (Pusling).

Seperti yang dilakukan ratusan siswa SMAN 1 Kwanyar Kecamatan Kwanyar. Mereka sangat antusias dengan kehadiran mobil perpustakaan keliling (Pusling) ke sekolah mereka. Lebih-lebih karena kunjungan pusling ini hanya sebulan sekali, ratusan siswa ini seperti tak ingin kehilangan kesempatan untuk semakin memperluas wawasan dengan cara meminjam buku yang disediakan pusling.

“Jadwalnya sebulan sekali, karena kunjungan pusling ini dilakukan secara bergilir ke banyak sekolah,” ujar salah satu staf kantor Perpustakaan Bangkalan, Jaya Surya Fajar, Jum’at, (28/2).

Sekolah yang dikunjungi pusling ini jumlahnya ratusan. Mulai dari SD, SMP, SMA, SMK, MI, MTs, MA negeri maupun swasta. Termasuk ratusan pondok pesantren (Ponpes) yang tersebar diseluruh Kabupaten Bangkalan. Dia menambahkan, syarat meminjam buku di mobil pusling itupun sangat mudah, pertama harus  menjadi anggota dulu dengan cara menyerahkan pothocopy kartu pelajar. Selanjutnya siswa yang bersangkutan bisa langsung pinjam pakai buku, dikembalikan atau ditukar dengan buku yang lain saat kembali ada kunjungan pusling.

“Maksimal tiap siswa boleh minjam buku 2 buah secara gratis atau tidak dipungut biaya,” terangnya.

Menanggapi layanan pusling ini, kepala sekolah (kasek) SMAN 1 Kwanyar, Abdus Syakur, M.Pd sangat menyambut positif, meski kunjungannya hanya sebulan sekali. Karena tidak semua jenis buku ilmu pengetahuan disediakan di perpustakaan sekolah.

“Para siswa yang ingin memanfaatkan layanan pijam buku di mobil pusling. Kita tentukan waktunya saat jam istirahat sampai pukul 12.00 siang,” tuturnya.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia