Ratusan Calon Mahasiswa STIDHI Dibekali Ilmu Jurnalistik

383 views
image

Moh Amin Saat isi pelatihan jurnalistik-foto:Anto/MC.com

Bangkalan,Maduracorner.com- sebanyak 100 orang lebih calon Mahasiswa dan. Mahasiswi sekolah tingggi IsLam  Darul Hikmah (Stidhi) antusias mengikuti acara seminar jurnalistik. seminar yang digelar dlamPekan orientasi mahasisw Stdhi (Pormadi) itu menghadirkan  nara sumber Wartawan Harian Duta Masyarakat, Moh Amin berlangasung gayeng. “Pak Bagaimana tehnis wawancara  yang baik,” kata Luntung penanya dari kelompok  pengusaha, Minggu (31/08/2014).

Dalam menjawab pertanyaan dari pesert. Seminar, Moh Amin wartawan yang juga alumni dari ponpes tersebut menjelaskan, sebelum melakukan wawancara seorang wratawan harus memahami fakta-fakta dan persoalan yang akan ditulisnya. “Kumpulkan fakta yang sebanyak-banyaknya, kemudian konfirmasikan ke nara sumbernya, kalau anda menguasai persoalan yang akan ditulis, saya yakin  nara sumber yang diwawancarai akan kebingungan, apalagi anda menguasai undang-undang terhadap kasus yang akan dikonfirmasikan,” jelas Amin. 

Dalam sesi pertama muncul pertanyaan-perntayaan yang sangat bagus dari para peserta. “Apakah wartawan itu memiliki kode etik pak,” kata bekicot penanya dari kelompok dosen. Menanggapi pertanyaan itu, Amin menjelaskan, setiap profesi ada kode etiknya apali prfesi wartawan. “Salah satu kode etik jurnalistik itu, kita harus memperkenalkan diri dan mengeluarkan kartu pers kepada nara sumber sebelum melakukan wawancara,” jelasnya.

Dari semangatnya para calon mahasiswa dan mahasiwi terhadap Jurnalistik, waktu yang disediakan panitia selama 1,5 jam terasa kurang dan banyak pertanyaan yang akan disampaikan oleh peserta terpaksa ditolak karena waktunya habis.

Penulis. : Anto
Editor.   : Sohib