Ratusan Kendaraan Diberi Sanksi Tilang Selama Operasi Zebra 2015

image

Operasi Patuh Semeru 2015 di Bangkalan

Bangkalan, maduracorner.com – Selama Operasi Zebra Semeru 2015, Satuan Lalu Lintas Polres Bangkalan menjaring ratusan kendaraan yang melanggar aturan. Tingginya jumlah pelanggaran tersebut menunjukan kesadaran masyarakat untuk tertib lalu lintas masih sangat minim.

Berdasarkan data yang dihimpun maduracorner.com, dalam operasi yang berlangsung 14 hari tersebut terdapat 578 kendaraan yang terkena sanksi tilang. Rinciannya, 503 unit sepeda motor, mobil barang sebanyak 48 unit dan 27 unit mobil penumpang.

“Operasi yang digelar sejak 22 Oktober hingga 4 November kemarin, tujuannya dalam rangka cipta kondisi untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan berlalu lintas,”terang Kasat Lantas Polres Bangkalan, AKP Ridho Tri Putranto, Jum’at (6/11/2015).

Rata-rata pelanggaran tersebut didominasi oleh karyawan swasta sebanyak 358 orang. Selanjutnya disusul oleh pelajar maupun mahasiswa yakni 212 orang dan 8 orang dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS).

“Pelaku pelanggaran terbanyak usianya 26-30 tahun. Namun, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami penurunan drastis. Tahun 2014 jumlah pelanggaran mencapai 962 kendaraan,”papar Ridho.

Perwira asal Surabaya ini berharap, kesadaran masyarakat bisa meningkat. Pihaknya selalu melakukan berbagai macam upaya untuk menekan jumlah pelanggaran. Seperti melakukan sosialisasi dan melakukan penjagaan-penjagaan di sejumlah tempat yang dinilai rawan terjadinya pelanggaran. “Kecelakaan lalu lintas itu diawali oleh ketidak patuhan terhadap aturan,”tandasnya. (her/mad)

Penulis: Donny Heryanto
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia