Ratusan Ribu Penduduk Belum Rekam Data e-KTP

862 views
 Kabid Administrasi kependudukan Dispenduk Capil Bangkalan, Jayus Sayuti. foto : aryan/mc.com

Kabid Administrasi kependudukan Dispenduk Capil Bangkalan, Jayus Sayuti. foto : aryan/mc.com

Pemilik e-KTP Hanya Mencapai 61 Persen Dari Total Penduduk | Oleh : Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DispendukCapil) kabupaten Bangkalan menilai partisipasi masyarakat dalam program rekam data e-KTP masih belum maksimal. Kesimpulan itu didapat dari proses rekam data e-KTP hingga pertengahan September 2013 ini, tercatat ratusan ribu warga yang tersebar di 18 kecamatan Kabupaten Bangkalan belum memproses rekam data e-KTP pribadinya.

“Peranserta masyarakat dalam rekam data e-KTP belum maksimal. Dari 822.635 jumlah penduduk di  Bangkalan, hingga hari ini tercatat sekitar 315 ribu warga masih belum melakukan proses rekam data e-KTP,” terang Kadispenduk Capil Bangkalan, Moh. Mosleh, melalui Kabid Administrasi kependudukan, Jayus Sayuti, kepada MC.com Jum’at (13/9).

Jayus kemudian merinci, jumlah rekam data e-KTP yang terealisasi sampai saat ini jumlahnya tercatat sebanyak 507.435 orang atau sekitar 61.68 prosen dari total jumlah penduduk. Sedangkan yang sudah tercetak dan diserahkan ke masing masing pemilik jumlahnya 482.311 keping e-KTP. Sementara e-KTP yang rusak dan dikembalikan ke pusat untuk di cetak ulang tercatat sebanyak 344 keping. Serta 25.124 keping lainnya masih belum tercetak.

Ditambahkan juga bahwa dari total 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Bangkalan, jumlah warga yang paling sedikit melakukan proses rekam data e-KTP adalah kecamatan Geger.

“Walaupun pihak kami sudah melakukan jemput bola, tapi hasilnya tidak sebagaimana yang diharapkan. Itu sebabnya kami menghimbau kepada masyarakat yang belum memiliki e-KTP untuk segera mengurus dan memprosesnya dikecamatan setempat. Karena terhitung mulai Januari 2014, KTP lama sudah tidak berlaku lagi,” imbau Jayus.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia