Ratusan Santri di Konang Gelar Upacara Hari Santri Nasional

1276 views

Upacara Hari Santri Nasional di Kecamatan Konang

BANGKALAN, MADURACORNER.COM – Hari Santri Nasional (HSN) dirayakan setiap tanggal 22 Oktober. Peringatan HSN ini digelar di seluruh nusantara. Tak terkecuali di Kecamatan Konang, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Ratusan santri di kampung Menpora Imam Nahrawi itu, menggelar upacara bendera untuk memperingati HSN ke-3 di halaman UPTD setempat, Minggu (22/10/2017) pagi.

Ketua panitia HSN ke-3 Kecamatan Konang, Asru berharap momentum hari santri ini mampu memberikan motivasi bagi para santri untuk menjaga keutuhan NKRI dan Islam sesuai tema HSN tahun ini: Santri Mandiri, NKRI Hebat.

“HSN sebagai bentuk pengakuan terhadap peran santri dalam proses perjuangan merebut kemerdekaan. Tugas santri saat ini menjaga keutuhan NKRI,” ucap Kepala MA Al-ibrahimy Konang itu.

Menurutnya, upacara yang diikuti perwakilan santri dari 25 pondok pesantren di Kecamatan Konang tersebut, tidak hanya sebatas kegiatan seremonial semata. Namun, juga sebagai bahan refleksi atas segala pengorbanan para santri bagi ibu pertiwi.

“Kaum sarungan sudah menujukan kiprahnya dalam pembangunan Indonesia. Salah satu buktinya, Menpora RI Imam Nahrawi. Beliau santri dan asli dari Desa Bandung Konang,” imbuhnya.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Darus Syifa Al-ibrahimy Konang, KH Ali Wahdin mengatakan perayaan HSN ini juga menjadi bukti persatuan dan kesatuan seluruh pesantren di Kecamatan Konang. Jalinan ukhwah antar pesantren harus dibangun secara kuat sebagai benteng pertahanan NKRI.

“Semoga kedepan pesantren semakin berkembang dan melahirkan generasi santi yang berkualitas,” tandas mantan Ketua DPRD Bangkalan itu. (*)

Penulis: Heriyanto Ahmad

Editor: Achmad

Email Autoresponder indonesia