Ratusan Siswa SMPN 3 Bangkalan Divaksinasi

1009 views
tampak salah satu siswi yang divaksinasi. foto: nizamuddin/mc.com

tampak salah satu siswi yang divaksinasi. foto: nizamuddin/mc.com

Tangkal Indikasi Endemis Difteri | oleh : nizamuddin
Maduracorner.com, Bangkalan – Puskesmas Kota Bangkalan melakukan vaksinasi maraton kepada ratusan siswa SMPN 3 Bangkalan, Rabu (20/11) pagi tadi. vaksinasi ini merupakan langkah penanggulangan terhadap wabah difteri yang diyakini bersifat endemis. Menariknya, beberapa siswa terlihat cemas bahkan ada yang histeris ketakutan saat petugas Puskesmas hendak menginjeksikan vaksin kepada mereka.

Ketua tim vaksinasi Puskesmas kota Bangkalan, dr Uuk Riuh K menjelaskan, pemberian vaksin difteri ini sengaja dilakukan untuk mencegah penularan penyakit dengan gejala demam, menggigil, mual, sakit kepala, hidung berlendir, dan bengkak pada leher.

“Antisipasi pencegahan dilakukan melalui suntikan vaksinasi pada anak/siswa usia di bawah 15 tahun,” katanya.

Saat ditanya jumlah penderita difteri yang ada di Bangkalan, pihaknya menerangkan bahwasanya sifat endemis dari difteri bukan seberapa banyak jumlah penderitanya, melainkan adanya kasus difteri itu sendiri. Sebab, penyakit difteri merupakan penyakit langka, yang seharusnya sudah tidak ada lagi.

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Bangkalan, Herman Setiawan M.Pd menyatakan dengan dilakukannya penyuntikan vaksin ini diharapkan seluruh siswa bisa tumbuh sehat. Karena kesehatan siswa sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar.

“Dengan adanya vaksinasi difteri, kami berharap seluruh siswa dapat terhindar dari penyakit yang mematikan tersebut. Yang terpenting, bisa menbentengi daya tahan tubuh siswa dari berbagai penyakit,” jelasnya.(nzm/krs)

Email Autoresponder indonesia