Rayakan Kelulusan, Siswa SMPN 1 Arosbaya Sujud Syukur dan Tumpengan

image

Siswa SMPN 1 Arosbaya Sujud Syukur dan Tumpengan

Bangkalan, maduracorner.com – Jika ada yang merayakan kelulusan sekolah dengan cara ugal-ugalan di jalanan, maka ada pula cara perayaan yang santun serta layak ditiru. Seperti halnya yang dilakukan SMPN 1 Arosbaya ini.

Mereka merayakan kelulusan siswa kelas IX -nya hari dengan sujud syukur dan tumpengan yang digelar di halaman sekolah. Sebanyak 9 tumpeng pun dipersiapkan.

Syukuran seperti ini dimaksudkan untuk menghindari para siswanya melakukan aksi tidak terpuji di jalanan. Bahkan, pembinaan tertib serta patuh berlalu lintas pun disisipkan dalam acara ini.

“Kami undang Kapolsek Arosbaya untuk kampanye tertib berlalu lintas. Kemudian sujud syukur bersama, antara guru dan siswa. Baru dilanjutkan do’a dengan 9 tumpeng. Cara perayaan seperti ini jauh lebih bermanfaat daripada berkonvoi di jalanan,”papar Kasek SMPN 1 Arosbaya, Moh.Syafi’i kepada maduracorner.com, rabu (10/6/2015) pagi.

Menurutnya, tradisi sujud syukur dan tumpengan ini akan terus dipertahankan. Salah satunya untuk membudayakan rasa syukur dengan cara yang baik. Apalagi, para siswa pun Nampak menyambutnya dengan antusias.

“Acara semacam ini perlu dipertahankan, mas. Kami senang karena lebih bermanfaat seperti ini daripada berkonvoi di jalanan,”tutur Roro Susiana, salah seorang siswi yang meraih NUM tertinggi yakni 37,70. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Sahraawy

Email Autoresponder indonesia