Re-designed Taman Paseban, Dipersiapkan Sebagai Ikon Baru Kota Bangkalan

image

Taman Paseban, Kota Bangkalan

Bangkalan, maduracorner.com,   – Upaya memper Bangkalan cantik kota terus digenjot pelaksanaannya oleh Pemkab Bangkalan. Salah satunya adalah dengan re-designed atau merancang ulang Taman Paseban yang terletak di jantung Kota Salak ini. Tepatnya di depan Masjid Agung Bangkalan di sisi utara alun-alun kota.
 
Dalam pemaparan ide-ide pembangunan tahun 2015 mendatang di hadapan jurnalis Bangkalan, kamis (4/9/2014) siang, Bupati Bangkalan Makmun Ibnu Fuad mengatakan, Taman Paseban akan dipermak agar lebih cantik. Menurutnya, taman yang sudah dilengkapi air mancur ini bakal dijadikan ikon baru bagi kota Bangkalan. “Kita memang butuh sebuah ikon baru bagi kota ini. Karena itu bisa menjadi salah satu identitas kota”,ujar bupati muda yang akrab disapa Ra Momon di aula Diponegoro Pemkab Bangkalan.
 
Ia mengatakan, semua kabupaten di Madura memiliki ikon kota masing-masing. Seperti halnya Sumenep dengan Taman Bunga, Pamekasan dikenal dengan Monumen Arek Lancor serta Sampang memiliki Taman Monumen Trunojoyo. “Nah, saya ingin Bangkalan juga seperti itu. Yakni mempunya ikon atau identitas kota yang khas”,kata Ra Momon.
 
Putra mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin ini memaparkan, konsep Taman Paseban nantinya akan sama dengan taman-taman yang menjadi ikon seperti di kota lain. Yakni sebagai lokasi Taman Bermain anak-anak, keluarga maupun muda-mudi. Bahkan jika memungkinkan atau tidak ada kendala, direncakan pula akan dibangun panggung kecil untuk live music nantinya. “Untuk panggung ini akan kita kaji lebih dulu. Karena lokasinya juga berdekatan dengan Masjid Agung. Jika lebih banyak mudharat-nya, ya tidak usah”,paparnya sambil tersenyum.
 
Bukan hanya mempercantik Taman Paseban yang kini sudah ada, namun juga akan dibuatkan lokasi parker bagi kendaraan warga yang berkunjung ke tempat ini. “Parkir akan kita persiapkan. Ini bisa menjadi tempat wisata keluarga alternatif. Baik saat pagi, sore atau malam. Terutama saat hari libur. Namun yang pasti harus memberi dampak positif. Jangan pula dijadikan tempat mesum. Karena kita akan tempatkan personil dari Satpol PP. Setidaknya untuk memantau disana nanti”,jelasnya lagi.
 
Selain itu, akan dibangun pula sebuah patung buah salah di taman ini. Karena seperti diketahui, salak sudah sejak lama menjadi buah khas bagi kabupaten yang terletak di ujung barat pulau Madura tersebut. “Seperti harapan saya tadi, Taman Paseban bukan sekedar mempercantik kota. Tapi sebisa mungkin menjadi ikon baru bagi Bangkalan. Patung buah salak tentu juga harus ada nanti di taman ini”,pungkasnya.