Rejeki Lebaran, Ojek Perahu Motor Kamal Panen Penumpang

743 views

 

tampak sejumlah ojek perahu motor yang siap antarkan penyeberang dengan cepat. foto:aryan/mc.com

tampak sejumlah ojek perahu motor yang siap antarkan penyeberang dengan cepat. foto:aryan/mc.com

Sehari Bisa Kantongi Rp 100 ribu Lebih | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Hasil ojek perahu motor yang biasa mangkal di kawasan dermaga penyeberangan Ferry Ujung-Kamal pada H – 1 Idul Adha tahun ini melimpah. Penghasilan mereka dari mengangkut penumpang baik menuju maupun dari dermaga Kamal Bangkalan berlipat ganda.

“Pada hari-hari biasa, penumpang yang kami angkut dalam 1 perahu tidak lebih dari 3 orang dalam 5 rit (pulang pergi-PP). Namun pada lebaran Idul Adha tahun ini bisa 2 kali lipat lebih. Artinya, penumpang 1 perahu bisa 6 orang dalam 10 kali PP,” ujar Moh.Bakri, kepada MC. Com, Senin, (14/10).

Dijelaskan, jumlah ojek perahu motor yang melayani penyeberangan cepat bagi warga yang enggan berlama-lama menunggu kapal ferry sandar atau berangkat kini mencapai 10 unit perahu. Ojek perahu ini tidak hanya melayani penyeberangan penumpang yang hendak ke dermaga Ujung, melainkan juga untuk mengantar para ABK ke kapal yang tengah lego jangkar di kawasan selat madura.

“Kalau hari-hari biasa ongkos angkut perorangnya Rp 10 ribu. Tapi jelang hari raya Idul Adha, naik menjadi Rp15 ribu-Rp 20 ribu/orang. Lumayan mas, kalau hari-hari biasa penghasilan saya setelah dipotong biaya premium Rp30 ribu. Selama melayani arus mudik saya bisa bawa uang pulang sekitar Rp100 ribu lebih,” pungkasnya.

Manfaat ojek perahu motor ini juga sangat dirasakan penumpang. Jono salah satunya, dia seringkali menggunakan jasa ojek perahu karena tak ingin menunggu Ferry yang sandarnya terlalu lama. Apalagi dia mempunyai kepentingan pribadi yang sifatnya sangat mendesak. Satu-satu nya cara ya harus naik ojek perahu motor.

“Walaupun ongkosnya lebih mahal tapi waktu tempuhnya cuma 15 menit sudah sampai di dermaga Ujung,” ungkapnya.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia