Rekrutmen Komisioner KPU, Tak Satupun Perempuan Lolos 20 Besar

660 views
Ibnu Hajar Ketua timsel KPU Sumenep. foto : teguh/mc.com

Ibnu Hajar Ketua timsel KPU Sumenep. foto : teguh/mc.com

 

Peranserta Kaum Hawa Masih Sebatas Wacana | oleh : teguh

maduracorner.com, Sumenep – Keterlibatan kaum perempuan pada lembaga penyelenggara pemilu nampaknya masih jauh dari harapan. Setidaknya hal itu bisa dilihat dari rekrutmen anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kabupaten Sumenep yang kini mendekati babak final.

Dalam penentuan nominator 20 besar, dari 43 peserta yang ikut rangkaian tes, mulai tes administrasi, tulis, kesehatan hingga psikologi, ternyata tidak ada satu pun kaum perempuan yang tercatat dalam daftar 20 besar.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) KPU Sumenep,  Ibnu Hajar menjelaskan, penentuan 20 besar peserta itu sudah sesuai mekanisme, yakni berdasarkan hasil nilai dari setiap tes dan diakhiri dengan rapat pleno. Dari rekapitulasi hasil nilai seluruh rangkaian tes, memang didapati untuk 5 peserta perempuan berada diperingkat 30 keatas.

“Kami tidak bisa berspekulasi memasukkan mereka masuk 20 besar. Nilanya sudah pas-pasan. Jadi, hasil rapat pleno diputuskan kalau peringkat 1 hingga 20 tidak ada perempuannya, lalu bagaimana?,” kata  Ibnu, Senin (12/5).

Bagi 20 peserta yang lolos tersebut, terang Ibnu, dijadwalkan akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 16 hingga 17 Mei 2014 besok.

Dia juga mengimbau, selama jeda waktu pasca pengumuman 20 besar menuju tes wawancara, pihaknya meminta  masukan dari masyarakat terkait profil 20 peserta itu. Tanggapan masyarakat ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat penentuan 10 besar.

“Peran aktif masyarakat kita tunggu pada tanggal 12 hingga 15 Mei 2014 besok, baik berupa surat resmi maupun pesan singkat atau SMS dengan identitas jelas,” ungkapnya.

Seleksi tahapan calon anggota KPU Sumenep, ditargetkan selesai pada tanggal 19 Mei 2014 mendatang, dengan mengajukan 10 nama kepada KPU Propinsi Jawa Timur. Sementara pelantikan anggota KPU Sumenep, periode 2014-2019 akan dilakukan pada tanggal 12 Juni 2014. (tgh/krs)

 

 

Email Autoresponder indonesia