Relawan Bersihkan Sampah di Kawasan Jembatan Suramadu

Sampah hasil kegiatan bersih-bersih yang dikumpulkan para relawan

BANGKALAN, Maduracorner.com – Sebanyak 460 relawan menggelar kegiatan bersih-bersih di kawasan Jembatan Suramadu sisi Madura, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Minggu (29/10/2017). Para pecinta lingkungan ini, merasa prihatin terhadap kondisi sekitar jembatan yang dipenuhi tumpukan sampah.

Berbekal karung dan alat seadanya, ratusan relawan itu bergerak secara serentak menyisir empat blok lokasi yang dipenuhi sampah. Satu persatu, karung yang telah dipenuhi sampah dikumpulkan sebelum diangkut menggunakan truk.

Gerakan peduli lingkungan ini tidak hanya diikuti masyarakat sekitar dan relawan yang datang dari Sampang, Sumenep, Surabaya dan Malang. Tokoh masyarakat Kecamatan Labang KH. Ahmad Ali Ridho, tokoh ulama dari Bangkalan KH Nasih Aschal juga hadir sebagai relawan dan ikut memungut sampah bersama relawan lainnya.

“Terimakasih banyak kepada relawan dan semua unsur yang terlibat dalam kegiatan ini,” ujar Penanggung Jawab Kegiatan, Agus Marzuky.

Menurutnya, aksi bakti lingkungan itu karena panggilan alam dan dilandasi rasa prihatin terhadap kondisi kawasan kaki Jembatan Suramadu. Selain membersihkan lokasi itu, relawan juga diharapkan mempromosikan sebagai salah satu destinasi wisata di Madura.

“Disini juga ada taman yang dibangun BPWS tapi tidak terawat,” imbuhnya.

Harapan kedepan kata Marzuki, masyarakat setempat mampu merawat dan mengelola taman agar tidak kotor kembali. Sebab, jika tidak terawat lokasi tersebut sering dijadikan tempat bolos siswa dan tempat muda-mudi bergaul secara tidak pantas.

“Mari kita sama-sama menjaga lingkungan agar tetap asri dan enak dipandang,” tandasnya. (*)

Penulis : Heriyanto Ahmad
Editot: Achmad

Posting Terkait