Reserfoar PDAM Bangkalan Sejak Tahun 1927 Tak Tersentuh Perbaikan

Reserfoar atau tando air  atas PDAM Sumber pocong Bangkalan-foto: A Shohib/MC.com

Reserfoar atau tando air atas PDAM Sumber pocong Bangkalan-foto: A Shohib/MC.com

Masuk daftar bangunan cagar budaya I Oleh : A.Shohib

Maduracornner.com,Bangkalan– Reserfoar atau tando air atas PDAM Sumber pocong Bangkalan sejak tahun 1927 hingga saat ini belum pernah direhab. Karena tidak pernah direhab itulah, bangunan peninggalan Belanda yang dulu berfungsi sebagai pelepas tekan air, jika para pelanggan menutup semua kran itu, kini kondisinya memprihatinkan. “Reserfoar ini katanya dijadikan bangunan cagar budaya yang tidak boleh direhab,” kata Direktur PDAM Sumber Pocong Bangkalan, Sutrisno, Senin (28/4)

Karena sudah dijadikan bangunan cagar budaya itulah, kata Sutrisno, maka meskipun kondisi bangunan Reserfoar itu sudah yang retak dan tulangannya keropos, pihaknya tidak berani untuk memperbaikinya. “Kita hanya mengecat-nya saja, dan itupun hanya 2 kali,” terangnya.

Dijelaskan dia, karena saat ini kondisinya Reserfoar itu sudah memprihatinkan maka ia menganggarkan untuk perbaikan bangunan berseejerah itu. “Kita sudah menganggarkan Rp 144 juta, dan sejak tanggall 16 April Reserfoar itu diperbaiki ditargetkan bulan juni nanti pengerjaanya sudah selesai,” jelasnya.

Lebih lanjut Sutrisno menjelaskan, dulu Reserfoar itu mampu menampung air 225 meter kubik. Karena jumlah pelanggan yang masih sedikit, Reserfoar itu masih difungsikan sebagai pelepas tekan air, saat ini karena jumlah pelanggan semakin banyak, maka Reserfoar itu beralih fungsinya. “Kalau dulu kan sebagai pelepas tekan, jika pelanggan menutup air semua, maka akan lari ke atas Reserfoar itu, kalau sekarang memakai sistem perpompaan langsung dari instalasi langsung ke konsumen,” tuturnya.

Dikatakan Sutrisno, karena bangunan Reserfoar ini merupakan bangunan bersejarah atau cagar, maka meskipun sudah beralih fungsi, pihaknya tetap mempertahankannya. “Karena bangunan bersejarah ya tetap kita rawat,” pungkasnya. (shb)

Email Autoresponder indonesia