Resmi, Kota Salak Berganti Menjadi Kota Dzikir dan Shalawat

2583 views

image

Bupati resmikan Kota Salak Berganti Menjadi Kota Dzikir dan Shalawat

Bangkalan, maduracorner.com – Ribuan masyarakat dari 18 kecamatan di Kabupaten Bangkalan menghadiri deklarasi Bangkalan sebagai kota dzikir dan shalawat di Masjid Agung Bangkalan, kamis (3/9/2015) sore. Deklarasi ini sekaligus menandai pergantian julukan Bangkalan yang selama ini disebut Kota Salak menjadi Kota Dzikir dan Shalawat.

“Saat ini kita berkumpul di masjid agung ini, yang dihadiri para habaib, kyai dan ribuan masyarakat serta santri untuk menjadi saksi sejarah. Yakni Bangkalan telah menjadi Kota Dzikir dan Shalawat”, terang KH Fahrillah Asschal di depan para hadirin. “Perjuangan kita ke depan jauh lebih berat dalam menjaga kota Bangkalan dengan identitas agamisnya yang baru ini,” tambah pengasuh Ponpes Syaichona Moh Kholil, Demangan tersebut.

Sementara Bupati Bangkalan, Muh Makmun Ibnu Fuad dalam katan sambutannya mengajak masyarakat bersama-sama untuk menjaga niat suci tersebut. “Yakni agar kota Bangkalan yang kita cintai bersama ini selalu aman, damai, sejahtera dan dijauhkan dari segala bala serta pertentangan. Sehingga terhindar dari perpecahan diantara kita”,ujar bupati yang akrab disapa Ra Momon tersebut.

“Selamat tinggal Kota Salak dan selamat datang Kota Dzikir dan Shalawat,”sambung Ra Momon yang diiringi riuhnya pekik shalawat dari ribuan masyarakat yang hadir.

Pada kesempatan ini pula, Ra Momon juga mengajak masyarakat agar senantiasa menjaga identitas Bangkalan yang lebih religius. Permintaan itu juga disampaikan kepada tokoh blater untuk ikut bersama-sama menjaga keamanan kota Bangkalan.

“Termasuk jangan sampai terkontaminasi perbuatan negatif. Mari kita selalu bersatu memerangi kemaksiatan dan menjaga Bangkalan sebagai kota yang religius,”tegas Ra Momon.

Deklarasi ini pun disambung dengan penyerahan SK Bupati tentang penetapan Bangkalan sebagai Kota Dzikir dan Shalawat. Yakni dari Ra Momon kepada KH.Fahrillah Asschal. Acara ini pun diiringi gema shalawat bersama-sama serta dihibur oleh penampilan Mustofa, salah satu personil music Debu yang kerap menyanyikan lagu-lagu Islami. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor.  : Mamad El Shaarawy

Email Autoresponder indonesia