Review 6 Laga ​​P-MU Di ISL

1123 views

Hantu Cedera Musuh Utama | Oleh : Achmad Baiquni

Maduracorner.com, Pamekasan – Gagal tampil full team akibat cedera yang membekap pemain, menjadi permasalahan yang belum terpecahkan bagi Persepam Madura United (​​P-MU). Sepanjang 6 laga pembuka musim ini, ​Laskar Sapeh Kerap -julukan ​​P-MU, belum sekalipun turun dengan kekuatan penuh. Nama Nopendi yang belum melakoni debutnya di ISL, menjadi penyebabnya.

Pemain yang pernah membela Timnas Indonesia di AFF Cup 2012 lalu itu mengalami cedera sejak membela Persiba Bantul pada Unifikasi Liga Profesional beberapa bulan lalu. Selain Nopendi, Michael Orah juga menjadi salah satu pemain yang akrab dengan cedera. Akibatnya, di sektor wing bek, ​​P-MU selalu gagal memberikan support penuh pada lini tengah dalam melapis benteng dan membantu penyerangan. Secara bergantian, beberapa pilar seperti Abu Bakar, Issac Djober, Busari dan Zaenal Arief juga harus absen dengan alasan yang sama.

Namun untuk keluar dari permasalahan tersebut sepertinya tidak mudah. ​​P-MU menemui kendala klasik yang hingga saat ini belum terselesaikan, yaitu lapangan latihan yang representatif. Beberapa lapangan yang menjadi ajang penempaan pemain di mes Pamekasan, relatif kurang layak khususnya bagi klub ISL. Tak jarang, beberapa pemain harus mengalami cedera di lapangan latihan. Hal ini tentu saja sangat merugikan tim yang dituntut selalu tampil sempurna pada setiap laga.

Onys, pendukung ​​P-MU asal Pamekasan menilai bahwa manajemen harus menemukan solusi menyongsong 14 laga tersisa di ISL.
“Lapangan latihan masih menjadi permasalahan yang klasik bagi ​​P-MU. Efek cedera saat latihan kadang memang tidak terlihat secara langsung. Tapi kasus Zaenal Arief yang gagal merumput saat pemanasan jelang laga, bisa menjadi contoh bahwa akumulasi cedera-cedera ringan yang tak terasa, bisa berakibat sangat fatal di saat-saat yang krusial.” Ujarnya.