Ribuan NIK Belum Masuk Sidalih

682 views
Tajul Anwar, pokja pemutakhiran data pemilihKPU Bangkalan. foto: aryan/mc.com

Tajul Anwar, pokja pemutakhiran data pemilihKPU Bangkalan. foto: aryan/mc.com

Dispenduk Kembali Susulkan Data | Oleh: Aryan
Maduracorner.com, Bangkalan – Meski daftar pemilih tetap (DPT) Pileg DPR, DPD, DPR Propinsi dan DPR Kabupaten 2014 sudah didok oleh KPU pusat. Tapi, dari Jumlah 956.742 DPT tersebut disinyalir masih ada ribuan nomer induk kependudukan (NIK) warga di kabupaten Bangkalan yang belum masuk sistem data pemilih atau Sidalih.

“Jumlah DPT di Bangkalan yang sudah didok KPU Pusat sebanyak 956.742 orang. Tapi, dari jumlah itu masih ada sekitar 1.500 lebih NIK warga belum terbaca di Sidalih KPU Pusat,” ujar ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih KPU kabupaten Bangkalan, Tajul Anwar, Rabu (6/11).

Setelah hal tersebut diketahui, lanjut Tajul, KPU Bangkalan langsung berkoordinasi dengan Dispendukcapil Kabupaten Bangkalan. Untuk kemudian diproses dengan mengirim kembali data ribuan NIK ke KPU Pusat.

“1.500 lebih NIK itu, datanya sudah kami terima dari Dispenduk dan saat ini sedang diprogram dan diproses ke Sidalih pusat,” ungkapnya.

Soal kapan batas akhir proses pengiriman NIK itu ke KPU Pusat, Tajul menyatakan masih menunggu surat edaran (SE) dari KPU pusat maupun dari KPU propinsi.

“Hingga saat ini kami masih menunggu kapan batas akhir pengiriman NIK-nya. Apalagi SE KPU Pusat belum turun. Problem serupa rata-rata juga dialami KPU Kabupaten dan KPU lainnya ditanah air,” pungkas Tajul.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia