Ribuan Personil TNI/Polri Kawal Pilkades Serentak di Bangkalan Hari Ini

image

Personil Brimob Polda Jatim Yang Turut Diterjunkan Untuk Pengamanan Pilkades Serentak

Bangkalan, maduracorner.com – Ribuan petugas gabungan dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bangkalan. Dalam pesta demokrasi desa yang berlangsung hari ini, Senin (15/6/2015), hampir 5 ribu personil TNI/Polri mengawal pilkades serentak gelombang pertama di 112 desa tersebut.

“Kami tempatkan jumlah personel sesuai dengan tingkat kerawanan seperti yang telah kita petakan. Untuk desa yang kategori aman dijaga 20 personel, bagi desa yang rawan 30 personel. Sedangkan yang sangat rawan itu satu pleton pasukan,”ujar Kapolres Bangkalan, AKBP Windiyanto kepada maduracorner.com saat ditemui disela-sela meninjau pelaksanaan pilkades di desa Banyuajuh Kamal.

Menurutnya, pengawalan ketat ini sebagai bentuk antisipasi terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi. Terlebih, di desa-desa yang dikategorikan daerah sangat rawan. Pihaknya mempersiapkan secara matang agar selama pelaksanaan pilkades berjalan dengan tertib, aman dan kondusif.

“Kita tidak mau ambil resiko, makanya personel dengan kekuatan penuh kami kerahkan. Dan sampai saat ini semua desa kondusif semoga tetap aman sampai tahapan pilkades selesai,”papar mantan Kapolresta Batu tersebut.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Bangkalan, Kompol Abd Rokhim menambahkan, kekuatan pasukan pengamanan yang diterjunkan sebanyak 4.695 anggota. Rinciannya, Rinciannya personel Polri sebanyak 3.330 anggota. Sementara dari unsur TNI sebanyak 1.365 personel.

“Pemetaan dilapangan kecamataan yang masuk kecamatan rawan, diantaranya Kecamatan Tanah Merah, Kecamatan Galis dan Kecamatan Blega,” tandasnya.(her/mad)

Penulis: Heriyanto
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia