Ribuan Warga Antusias Saksikan Pertandingan Okol

644 views


Pamekasan, Maduracorner.com
– Pertandingan Okol yang digelar di Desa Akkor Daya Kecamatan Palengaan Pamekasan disambut antusiasme warga. Bahkan ribuan warga berdesakan untuk menyaksikan tradisi tahunan itu.

Khosairi, warga Ketapang Sampang mengatakan dia sengaja datang jauh-jauh ke Kecamatan Palengaan untuk menyaksikan secara langsung pertandingan gulat itu. Karena menurutnya pertandingan itu sangat menarik.

“Pertandingan okol ini sangat menarik, sehingga saya jauh-jauh datang dari ketapang untuk menyaksikan okol ini,” katanya.

Roni, salah satu peserta okol mengaku sudah sepuluh kali mengikuti gulat tahunan untuk meminta hujan itu. Namun baru pada pertandingan kali ini dia yang memenangkan gulat itu.

“Saya sudah berkali-kali ikut okol. Tapi selalu kalah, baru sekarang saya menang,” katanya.

Dia mengikuti pertandingan okol, selain untuk menguji kemampuannya bergulat juga karena dirinya senang mengikuti pertandingan itu sebagai sarana mencari hiburan.

Okol” merupakan pertandingan sejenis gulat satu lawan satu. Diikuti usia remaja hingga dewasa. Peserta hanya menggunakan celana pendek tanpa pengaman. Tradisi okol digelar  untuk meminta hujan juga untuk menjalin persahabatan antar warga

Penulis : Fatahillah Kamali.                       Editor : Gebril Altsaqib

Posted from WordPress for Android

Email Autoresponder indonesia