Ribuan Warga Kecamatan Kokop Belum Terima e-KTP

771 views

Belum Menerima E-KTP | Oleh : Aryan

warga Manukan saat menanyakan  e-KTP- Foto :Sumaryanto/MC.com

warga Manukan saat menanyakan e-KTP- Foto :Sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Sekitar 5.650 warga yang tinggal di 4 desa Kecamatan Kokop hingga saat ini belum menerima e-KTP. 4 desa itu, diantaranya ; Desa Bandar Soleh sebanyak 1.340 orang, Desa Lembong Gunung 1.143 orang, Ampara,an 1.240 orang dan Desa Manukan 1.927orang. “Ya benar mas, 4 desa itu sampai kini belum menerima e-KTP,” terang Kasie Pelayanan Masyarakat (Yanmas) Kecamatan Kokop, Idam Maulid,Selasa (05/02).

Menurutnya, keterlambatan penerimaan e-KTP itu bukan disengaja, akan  tetapi sejak penerimaan awal pada tanggal 02 januari dari kantor Dispenduk Capil Kabupaten Bangkalan dan dipilah-pilah sesuai desa dan nama berdasarkan huruf abjad, e-KTP untuk warga 4 desa  Itu belum ada. “Pak Camat sudah melaporkan kekurangan e-KTP itu dan sampai saat ini kita masih menunggu dan pemberitahuan lebih lanjut dari Dispenduk Capil Kabupaten Bangkalan,” tuturnya.

Camat Kokop, Hodori juga membenarkan, bahwa  4 desa itu memang belum menerima e-KTP. Tidak berbeda dengan kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Bangkalan, mereka juga  mengalami hal sama karena ribuan warganya belum menerima  e- KTP. “Sambil membagikan e-KTP kepada warga, kita tunggu saja mungkin nanti akan kelaurnya menyusul. Yang penting bagaimana cara menjelaskan kepada warga dengan arif sehingga mereka memaklumi,” pungkas Hadori.

Sementara itu, Kepala Dispenduk dan Capil Kabupaten Bangkalan,M.Syafi’i saat di konfirmasi melalui Kabid. Kependudukan Dispenduk dan Capil Kabupaten Bangkalan, Jayus Sayuti mengatakan keterlambatan e-KTP akan segera diselesaikan dan dilaporkan ke pusat.

Yang perlu diketahui warga, lanjut dia, e-KTP selesainya secara bertahap. Jadi, mungkin saja bagi warga yang belum mendapat e-KTP pada saat ini, nanti juga akan menerima. “Paling lambat Oktober 2013 e-KTP secara nasional sudah tuntas semuanya,” kata Jayus. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia