RSUD Bangkalan Tes Swab Kepada Ribuan Tenaga Medis

283 views

Bangkalan, Maduracornwr.com, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syamrabu Bangkalan menggelar tes swab masal yang merupakan kerjasama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan.

Tes swab tersebut merupakan tindak lanjut dari traking terhadap 10 orang tenaga kesehatan RSUD Bangkalan yang dinyatakan positif terpapar virus Covid-19. Tes swab dilakukan terhadap ribuan orang pegawai atau karyawan RSUD Bangkalan.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Syamrabu Bangkalan Dr. Nunuk Kristiani mengatakan, Swab dilakukan terhadap semua pegawai dan karyawan yang terlibat kontak erat dengan kasus yang terkonfirmasi positif, baik yang tidak memiliki gejala maupun yang memiliki gejala dari ringan hingga berat.

“Swab massal itu dilaksanakan secara bertahap, mengingat kemampuan Alat PCR di RSUD Bangkalan,”ujarnya saat dikomfirmasi. Selasa, (22/9/2020).

Selain itu, sambung dia, pihaknya juga mengecek sample pasien. Bahkan setiap hari sekitar 40-50 orang total ada lebih dari 100 orang yang dilakukam swab.

Menurut Nunuk, tujuan Swab Massal ini tidak lain untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid 19. Apalagi, lanjut dia, RS menjadi tempat pencegahan.

“Tujuan tentunya memutus rantai penularan yang terjadi di RS, dimana RS adalah tempat rujukan pasien covid, sehingga perlu pencegaan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan Sudiyo menyampaikan, terdeteksinya  kasus Covid-19 tenaga kesehatan di RSUD Bangkalan. Kedepan pihaknya akan menjadwalkan tes swab agar bisa diikuti oleh beberapa tenaga medis.

“Kami akan menjadwalkan tes swab kebebrapa tenaga kesehatan dan pegawai Rumah Sakit (RS) yang ada di Bangkalan, seperti RS. Anna Medika dan RS. Lukas,”ucapnya.

Sudiyo menambahkan, tes swab ini dilakukan  untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Sehingga nantinya dapat gambaran bagaimana tingkat infeksi covid-19 ini di Kabupaten Bangkalan, itu tujuannya,”pungkasnya. (Ris)

Email Autoresponder indonesia