RSUD Sampang Akan Dipindah Ke Wilayah Utara

1346 views
image

Bupati Sampang Fannan Hasyib

Sampang,maduracorner.com – Pemkab Sampang diam-diam memiliki rencana besar. Yakni memindahkan lokasi RSUD Sampang ke wilayah pantura. Sementara bangunan rumah sakit yang saat ini terletak di Sampang Kota akan dipakai untuk institusi kesehatan lainnya.

Hal ini diuangkapkan Bupati Sampang Fannan Hasyib saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sampang, senin (23/3/2015) pagi. Menurut Fannan, pihaknya memang sudah merencanakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) akan dipindah ke pantura. Tepatnya di wilayah Kecamatan Ketapang. Sedangkan bangunan RSUD saat ini akan berubah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Rencana besar ini menurut Fannan akan dimulai pada tahun 2016 mendatang.

Namun begitu, Fannan Hasyib juga berharap dukungan dari Pemprop Jawa Timur. Dalam hal ini upaya pembangunan atau perbaikan jalan dari Sampang Kota ke Ketapang. Jalan ini memang statusnya jalan propinsi. Fannan menegaskan, perbaikan sarana jalan ini akan memudahkan pembangunan di wilayah pantura termasuk pemindahan rumah sakit.

“Terakhir kali jalan dibangun tahun 80-an. Setelah itu tidak ada pembangunan jalan lagi. Tahun ini rencananya ada perbaikan jalan sepanjang 7,6 kilometer,”ungkap Fannan di depan peserta Musrenbang.

Rencana pembangunan RSUD di wilayah Sampang Utara ini sebenarnya untuk menjawab kritikan tajam Ketua DPRD Sampang Imam Ubaidillah. Sebelum pidato Fannan Hasyib, Imam melontarkan kritikan keras terkait bidang kesehatan. Menurutnya, masyarakat di wilayah utara kesulitan mendapat layanan kesehatan secara maksimal akibat minimnya sarana kesehatan.

“Kalau orang pantura sakit pasti berobat ke Bangkalan. Kalau ke rumah sakit Sampang, takut tambah parah sakitnya. Sebab jaraknya lebih jauh ditambah lagi dengan kondisi jalan yang rusak dan berliku-liku,”tegasnya Imam. (son/mad)

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia