Rupiah Diprediksi Tak Akan Tembus Rp16.000/USD

975 views

Rupiah Diprediksi Tak Akan Tembus Rp16 000 USD

Maduracorner.com – Pengamat ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listianto memprediksi, rupiah pada akhir 2015 tidak akan tembus di level Rp16.000/USD. Pasalnya, cadangan devisa Indonesia masih cukup kuat untuk intervensi jika rupiah terdepresiasi secara cepat.

Menurutnya, faktor utama pelemahan rupiah dalam beberapa hari terakhir karena isu jangka pendek terkait kebijakan bank sentral AS atau The Fed.

“Sehingga data neraca perdagangan kita yang suplus di bulan Agustus yang dirilis BPS kemarin juga belum memberi sentimen positif bagi penguatan rupiah. Ini karena dominannya isu seputar rapat The Fed,” ujarnya di Jakarta, Rabu (16/9/2015).

Sebab itu, Undang-undang Jaringan Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) sangat diperlukan untuk penataan kelembagaan yang lebih baik dalam pengambilan keputusan saat perekonomian mengalami guncangan. Jadi, UU JPSK harus cepat selesai agar penanganan jika terjadi krisis keuangan jadi lebih jelas, terutama terkait proses dan kewenangan pengambilan keputusan.

“Namun, meskipun RUU ini berhasil diselesaikan cepat, impact ke rupiah dalam jangka pendek masih kecil. Karena isu nilai tukar lebih dipengaruhi oleh dinamika kebijakan The Fed,” ungkapnya.

Penulis : Kunthi fahmar sandy
source: http://ekbis.sindonews.com

By : Jiddan

Email Autoresponder indonesia