Rusak, Ratusan Surat Suara Dikembalikan

624 views

Surat suara untuk DPD Banyak Yang Rusak I Oleh : Teguh S

Madurcorner.com,Sumenep – Sebanyak  300-an surat suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, rusak. Kerusakan terjadi pada surat suara (SS) untuk pemilihan anggota DPD. Ratusan SS yang rusak diketahui ketika KPUD Sumenep, melakukan sortasi dan pelipatan sejak akhir Pebruari hingga Selasa (4/3).

Kasubag Umum KPU Sumenep, Dewiyani menjelaskan, proses sortasi SS akan berlangsung hingga 9 Maret nanti, dengan melibatkan 250 pekerja. Namun, baru separuh pekerjaan sortasi sudah ditemukan ada yang SS yang rusak. “Ada sekitar 300-an SS yang rusak, sebagian besar untuk SS DPD,” kata Dewi. 

Dikatakan Dewi, sortasi masih dilakukan bagi SS DPD, yang lain belum. Jadi, kerusakan SS ini kemungkinan akan bertambah. Kerusakan SS Pileg itu bervariasi, ada yang terdapat pada tinta, robek, terpotong dan lain-lain. SS yang rusak sudah dipisahkan, agar tidak bercampur lagi dengan SS yang baik.

Dewi juga  mengungkapkan, untuk SS yang rusak akan segera dikembalikan pada KPU Pusat melalui Propinsi, agar secepatnya mendapa gantinya, termasuk juga mengajukan kekurangannya. “Pasti secepatnya kami akan menyampaikan terkait adanya SS yang rusak ke KPU Pusat,” terangnya.
  
Jumlah Surat Suara untuk Pileg 2014 yang diterima KPU Sumenep, sebanyak 3.656.332 lembar mencakup DPR RI, DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Propinsi dan DPD. Sedangkan pelaksanaan Pileg dijadwalkan pada 9 April 2014.(tgh/shb)

Email Autoresponder indonesia