Saksi Pasangan Nomer 2 Tidak Hadir/ Hitung Ulang 17 TPS Gagal Dilakukan

KPU dan Panwas Sampang Serta Saksi Nomer 1 Menggelar Rapat

KPU dan Panwas Sampang Serta Saksi Nomer 1 Menggelar Rapat

Saksi Nomer 2 Berhalangan Hadir | Oleh Mamad el Shaarawy

maduracorner.com, Sampang – Agenda penghitungan ulang 17 kotak suara dari 17 di Kabupaten Sampang gagal dilakukan, jumat malam (19/7). Proses buka kotak suara yang digelar jum’at malam terpaksa dibatalkan, karena saksi pasangan Jokowi-JK tidak hadir. Anggota KPU dan Panwaskab Sampang beserta saksi nomer satu yaitu pasangan Prabowo-Hatta sudah hadir. Begitupun 17 kotak suara sudah dipersiapkan di gudang KPU setempat. Namun penghitungan ulang ini urung digelar. 

Proses ini dilakukan, setelah tim sukses Jokowi-JK memprotes hasil di 17 TPS yang dimaksud karena tidak perolehan suara sama sekali. Suara di TPS-TPS tersebut secara luar biasa 100% untuk pasangan Prabowo-Hatta.
 
Bawaslu Propinsi Jawa Timur pun merekomendasikan pembukaan kotak suara 17 TPS tersebut. Salah satu syaratnya yakni mengharuskan saksi kedua pihak hadir selain KPU dan Panwas. Namun sayangnya, saksi pasangan Jokowi-JK tidak hadir tanpa alasan pasti sesuai jam yang ditetapkan.
 
Setelah menunggu selama 5 jam dari pukul 19.00 WIB sampai 12.00 WIB, maka diputuskan proses ini pun ditunda. Hal ini kesepakatan bersama pihak-pihak yang hadir. “Salah satu item Bawaslu memang harus mendatangkan para saksi. Namun hingga jam 12 malam, saksi nomer 2 tidak hadir. Saya pikir ini bukan gagal digelar. Tapi ditunda”,terang Miftahur Rozak, Komisioner KPU Kabupaten Sampang.

Hal yang sama dikatakan oleh Ahmad Ripto, anggota Panwaskab Sampang. Selain karena tidak hadirnya saksi, juga karena KPU Sampang sendiri tidak quorum. “Rekomendasi kami memang harus mendatangkan saksi. Sementara alasan kedua mengenai gagalnya proses ini, juga karena anggota KPU sendiri tidak quorum”,jelasnya.
 
Sementara gudang penyimpanan 17 kotak suara tersebut mendapat penjagaan pihak kepolisian setempat. Hal ini untuk menjaga keamanan logistic pilpres tersebut.

Sebagaimana yang diketahui, hasil rekapitulas KPU Kabupaten Sampang yang digelar hari rabu lalu (16/7), dimenangkan secara telak oleh nomer 1. Rinciannya, pasangan Prabowo-Hatta mendapat 474.752 suara atau 74,47 persen. Sementara Jokowi-JK mendapat 162.786 atau 25,53 persen. (mad)

Email Autoresponder indonesia