Salah Entri Data, Jumlah Penduduk Sampang Membekak Dua Kali Lipat

Jumlah penduduk membekak       | Oleh : Arie

Kabid Informasi dan Pengembangan Dispendukcapil Sampang, M Yusuf-Foto Arie/MC.com.

Kabid Informasi dan Pengembangan Dispendukcapil Sampang, M Yusuf-Foto Arie/MC.com.

Maduracorner.com,Sampang– jumlah penduduk di kabupaten Sampang membengkak hingga dua kali lipat. Pembekakan jumlah penduduk itu  diketahui pada saat Dispendukcapil kabupaten Sampang  melakukan entri data bagi Penduduk yang wajib e-KTP.

para petugas pengentrian data di Kantor Dispendukcapil setempat dibuat kaget dengan membengkaknya jumlah penduduk kabupaten Sampang hingga mencapai 1,6 juta jiwa. padahal jumlah penduduk Sampang  yang diakui hanya 883 ribu jiwa.

Setelah dilakukan pengecekan ulang, ternyata membengkaknya jumlah penduduk kabupaten Sampang, hingga dua kali lipat itu akibat proses entri data di tingkat kecamatan yang tidak membuka data yang sudah ada/ sehingga data perekaman e,KTP yang sudah masuk, di entri kembali. “Jumlah yang diakui pusat sekitar 883 ribu, nanti jumlah penduduk di luar itu akan kami bersihkan,” kata Kabid Informasi dan Pengembangan Dispendukcapil sampang, M Yusuf.

Dijelaskan M Yusuf, banyaknya jumlah penduduk yang naik hingga dua kali lipat itu akan berpengaruh pada molornya pembuatan e-KTP yang diharapkan rampung pada  tahun ini. “Makanya nanti akan kita lakukan pembersihan dan penghapusan data yang ganda itu agar jumlah penduduk kabupaten Sampang,  benar-benar valid,” ternag M Yusuf

membengkaknya data jumlah penduduk, disebabkan adanya warga yang meninggal dan pindah alamat namun tidak di hapus. Bahkan  penulisan gelar nama depan orang yang di singkat, juga bisa membuat entri data menjadi ganda. (rie/min)

 

Email Autoresponder indonesia