Saluran Tersumbat, Ratusan Rumah di Sumenep Terendam Banjir

646 views

Banjir Sumenep | oleh : Razak

Saluran Tersumbat, ratusan rumah di sumenep Terendam banjir-Foto: Razak/MC.com

Saluran Tersumbat, ratusan rumah di Sumenep Terendam Banjir-Foto: Razak/MC.com

Maduracorner.com,Sumenep– Setelah di guyur hujan deras beberapa jam lamanya, ratusan rumah di lima desa dan sejumlah jalan utama yang ada di  kabupaten Sumenep tergenang. Air yang menggenangi ratusan rumah warga itu berasal dari luapan air sungai yang tersumbat akibat tidak dilakukan pengerukan.

Ratusan rumah yang berada tiga desa yang tergenang air itu antara lain :  desa Pangarangan desa kolor dan di kecamatan kota Sumenep. Kedalaman air di kawasan tersebut setinggi lutut orang dewasa. Di beberapa wilayah, air juga sudah masuk ke dalam rumah warga. akibatnya warga harus bekerja keras, untuk menguras air yang masuk ke dalam rumah. mayoritas rumah yang terendam banjir berada di pinggir jalan raya yang dekat dengan sungai.  sempitnya saluran irigasi akibat pembangunan pelebaran jalan di duga menjadi penyebab terjadinya banjir.

Salah seorang warga korban banjir Jakfar mengaku dari dulu di daerahnya tidak pernah banjir. “Biasanya tidak pernah banjir di sini, tapi sekarang banjir akibat aliran air yang tersumbat,” kata Jakfar

Hal senada diungkapkan oleh Abdurrazak, menurutnya meskipun tergenang, namun  dalam kurun waktu 4 jam air sudah surut. “Biasanya empat jam di sini baru banjir tetapi sekarang baru satu jam hujan sudah banjir ini ada saluran air yang tersumbat,” tutur Abdurrazak.

Meski tidak air terlalu tinggi, namun banjir cukup merepotkan warga kota Sumenep, karena aktivitas terganggu. warga juga harus membersihkan Lumpur yang masuk ke dalam rumah agar tidak banyak membutuhkan air untuk menyiram Lumpur, warga membersihkan rumah mereka dengan cara mengikuti aliran banjir yang perlahan surut dengan
menggunakan sapu. (zak/min)

Saluran Tersumbat, Ratusan Rumah di Sumenep Terendam Banjir

Email Autoresponder indonesia