Sambut Musim Kemarau, Kecamatan Konang Siap Siaga

688 views

Musim Kemarau | Oleh : Aryan

Camat Konang, Iwan Setiawan-Foto : Aryan/MC.com

Camat Konang, Iwan Setiawan-Foto : Aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– Kecamatan Konang yang masuk dalam daerah rawan air bersih pada musim kemarau saat ini tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi musim tersebut. “Meskipun hujan masih turun secara sporadis, namun tanda-tanda alam yang mengarah akan terjadinya peralihan iklim dari musim hujan ke kemarau panjang sudah mulai nampak,” ujar Camat Konang, Iwan Setiawan usai menghadiri pelantikan PPL di Gedung Merdeka, Rabu, (15/05).

Menurut Iwan, warga desa di kecamatan Konang telah biasa menghadapi pergantian musim, mulai tampak sibuk dengan menyiapkan berbagai langkah antisipasi yang diperlukan. Seperti menampung air sebanyak mungkin, selama hujan masih turun di penghujung musim hujan ini. Termasuk para Kepala Desa (kades), Muspika Kecamatan Konang, ulama, tokoh masyarakat sudah saling berkoordinasi dengan cara meningkatkan komunikasi secara lebih intens lagi. “Persoalan ini harus dipikul bersama dan tidak boleh jalan sendiri -sendiri,” terang Iwan.

Ditambahkan dia, selama masih ada kesempatan, rencana penanggulangan keadaan darurat bencana kekeringan harus disimulasikan dan diatur secermat mungkin jika terjadi keadaan yang luar bisa, agar tidak saling tumpang tindih dalam penanganannya, dan  semuanya harus satu komando.

“Kejadian sekecil apapun dan sudah sejauh mana penanganannya, kita akan terus laporkan secara berkala keatasan di pemkab.Bangkalan dan tembusan kepada instansi terkait lainnya,” pungkasnya. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia