Sampah Cemari Pantai Basmalah

1610 views
Sampah Cemari Pantai Basmalah-foto: Aryan/MC.com

Sampah Cemari Pantai Basmalah-foto: Aryan/MC.com

Kurang Mendapat Perhatian|Oleh:Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan– Pantai Basmalah yang digadang – gadang akan menjadi salah satu obyek wisata lokal yang lokasinya dekat dengan jembatan suramadu Kecamatan Labang it, kondisinya sangat menyedihkan, karena tumpukan sampah telah mencemari pantai tersebut.

“Menyedihkan mas, seharusnya pantai Basmalah ini bisa menjadi andalan sebagai salah satu pariwisata pantai yang menawan. Tapi kenyataannya malah menjijikan karena banyak sampah dan terkesan tidak terurus,” ujar Fathur Rahman saat dijumpai sedang menikmati liburan bersama keluarganya dipantai tersebut, Kamis, (1/5).

Dikatakan Fathur, seandainya pantai Basmallah ini dikelola secara profesional, maka pantai ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata keluarga. Tapi karena kurang mendapat perhatian dari pihak pengelola dan sifatnya asal – asalan. Masyarakat jadi enggan dan hanya sekedar melihat- lihat kemudian tidak kembali lagi.

“Itu sebabnya, kalau boleh saya usul, sudah waktunya instansi terkait, dalam hal ini Dispora Budpar Bangkalan ikut cawe- cawe sehingga beberapa wisata pantai di Bangkalan yang selama ini nampak terbengkelai dan kurang mendapat perhatian. Terutama dalam menjaga kebersihan dan beberapa fasilitas lainnya diperbaiki dan ditata kembali,” kata Fathur.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat setempat, Ahmad Zainul Abidin, menjelaskan bahwa selain tumpukan sampah, masalah lain di pantai Basmalah itu sering dijadikan sebagai tempat melakukan tindakan asusila pasangan anak muda dan tempat minum minuman keras oleh para remaja tanggung. Pemandangan seperti itu, sangat disesali masyarakat. setempat.

“Andaikan pantai Basmalah itu dikelola dengan baik, sebenarnya pantai itu bisa dijadikan tempat wisata, sebab posisinya sangat strategis dan elok dipandang mata. Syukur-syukur bisa jadi waterboom seperti di Kabupaten Lamongan dan Sidoarjo”, tukasnya. (yan/shb)

Email Autoresponder indonesia