Sampah Menumpuk Hingga ke Jalan Raya

692 views
Sampah Menumpuk Hingga ke Jalan Raya-Foto: Kasiono/MC.com

Sampah Menumpuk Hingga ke Jalan Raya-Foto: Kasiono/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan-
Kesadaran masyarakat untuk membuang sampang di tempat pembuangan sementara (TPS) masih rendah. Terbukti meski sudah disediakan kontainer sampah, namun tidak dimanfaatkan.

Parahnya lagi dalam kesadaran masyarakat yang kurang, diperparah dengan petugas sampah. Yang mengangkut sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dalam waktu beberapa hari, hingga sampah menumpuk ke jalan raya.

Dari pantauan MC.com di Kelurahan Pejagan, Kota Bangkalan, Kamis (6/12/2012) pagi, sampah menumpuk hingga ke pinggir jalan. Padahal TPS ini berdekatan dengan sekolahan.
Bila sampah menumpuk membuat bau tak sedap. Apalagi sekarang musim penghujan, baunya tambah menyengat.

“Hal ini sudah ‘sarapan” di tempat pembuangan sampah ini. Kalau menunggu anak sekolah, bila melihat sampah menumpuk di pinggir jalan, menjijikkan,” ungkap seorang warga yang setiap hari antar jemput anaknya yang sekolah di kelas 3 ini.

Bukan hanya di tempat itu kondisinya. Di beberapa titik di di dalam kota Bangkalan hampir sama. Meski sudah jam 7 siang, sampah tempat pembuangan sampah di Jl. Trunojoyo, kota Bangkalan belum juga terangkut. Padahal jalan protokol, ada sekolahan SMPN 1 Bangkalan, ada tempat pertokoan dan perkantoran.

Beda lagi di dekat perumahan Kodim Bangkalan. Masyarakat setempat menutup tempat pembuangan sampah yang sering tidak terangkut. Hingga tampak kotor dan menimbulkan bau tidak sedap. Masyarakat setempat menaruh pot bunga. “Agar tidak ada lagi, warga yang membuang sampah di sini,” ujar warga.

Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bangkalan, Dr H Hasanuddin Buchori, MM mengatakan memang saat ini masih terus melakukan pembenahan di tempat pembuangan sampah. ” Apalagi ini menjelang penilaian Adipura, kita malakukan kebersiahan terus menerus. Nantinya pengangkutan sampah di TPS ditingkatkan lagi,” katanya. (Ion).

Email Autoresponder indonesia