Sampah Plastik Diolah Jadi BBM‪

964 views
Sampah Plastik Diolah Jadi BBM‪-foto : Nizam/MC.com

Sampah Plastik Diolah Jadi BBM‪-foto : Nizam/MC.com

Penemunya Hanya lulusan SD I oleh : Nizamuddin

Maduracorner.com-Pamekasan-Mahalnya bahan bakar minyak (BBM), menjadi inspirasi tersendiri bagi Mashuri Pemuda Desa Akkor Kecamatan Palengaan Pamekasan.

Diawali dari beberapa uji coba, akhirnya Mashuri mampu mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak, yang kualitasnya hampir menyamai premium.

“Untuk membuat bbm dari sampah plastik Ini, saya melakukan uji coba hingga lima kali, uji coba pertama hingga keempat, gagal, bahkan sempat meledak, karena alat penyulingan tidak mampu menahan uap yang keluar”. Tutur Mashuri.

Saat ditemui di rumahnya, pria lulusan Sekolah Dasar ini mengatakan, ide mengolah sampah plastik menjadi Bbm ini terinspirasi dari membuka. salah satu situs diinternet.

Berangkat dari hal tersebut Mashuri dan seorang temannya, mengumpulkan sampah plastik yang ada disekitar halaman Pondok Pesantren yang ada didekat rumahnya.

“Sebelum masuk proses penyulingan, plastik dicuci bersih, kemudian dimasukan kedalam tong besi yang sudah diberi pipa berlubang untuk keluarnya cairan Bbm, selanjutnya tong dipanaskan diatas tungku selama 15 menit, setelah panas, pipa akan mengeluarkan uap dan cairan berwarna coklat seperti teh”, jelas Mashuri.

Bbm Sampah Plastik hasil temuan Mashuri Ini, sudah dijual belikan dengan harga Rp 5. 500/liternya, yang digunakan untuk bahan bakar mesin selep kopi, jagung dan sepeda motor.

Untuk mengembangkan penemuanya ini, Mashuri berharap pada Pemerintah Kabupaten Pamekasan, memberikan bantuan alat penyulingan yang lebih baik dan aman. (nzm/shb).