Satlantas Polres Bangkalan Buat Marka Jalan Berjarak Ala MotoGP

Bangkalan, Maduracorner.com, Upaya mendisiplinkan masyarakat menuju kehidupan normal baru di Kabupaten Bangkalan terus digalakkan.

Salah satunya dengan membuat marka jalan physical distancing di simpang tiga Jl. Halim Perdana Kusuma, Kabupaten Bangkalan.

Marka ini dibuat ala starting grid di Moto GP. Hal itu dilakukan sebagai penerapan physical distancing antara pengendara kendaraan bermotor saat berhenti.

Di simpang tiga tepatnya di ruas Jalan  Halim Perdana Kusuma telah dibuat garis-garis ala starting grid MotoGp oleh petugas.

Kasat Lantas Polres Bangkalan, AKP Andhika Mizaldi Lubis mengatakan, penerapan physical distancing untuk pengendara motor itu dilakukan oleh petugas gabungan terdiri dari Dinas Perhubungan (Dishub), Polri dan TNI.

“Ke depan, para pengendara wajib menjaga jarak minimal satu meter, sesuai garis yang ada. Juga di jalan yang lain,” katanya, Kamis (16/7/2020).

Untuk membiasakan pengendara motor, petugas akan bersiaga di simpang tiga Halim Perdana Kusuma. Jika masyarakat masih berkerumun tidak sesuai garis, maka akan diingatkan.

“Sementara jika masih melanggar akan diingatkan dengan cara humanis dan memberikam edukasi para pengendara,” ujarnya.

Andhika menjelaskan dengan adanya garis tersebut, setiap pemotor saat menunggu lampu merah menjadi hijau harus berhenti di garis-garis yang telah dibuat.

“Bahkan nantinya satu persatu kendaraan diatur supaya mereka bisa mengerti sistem ini,”jelasnya.

Ia juga berharap masyarakat di masa pandemi covid-19 ini untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada, tidak terkecuali di jalan raya khususnya di area traffic light saat lampu merah.

“Semoga masyarakat Bangkalan bisa turut serta mengingat dan menerapkan physical distancing di mana pun berada,” pungkasnya. (Ris).

Email Autoresponder indonesia