Rabu, 8 Mei 2013 - 04:02:58 WIB
Bookmark and Share
SDN Paseseh 1 Tanjung Bumi, SD Tertua Yang Bakal Dapat Rehab

SD Cagar Budaya    |         Oleh : Aryan

 

Kepala Sekolah SDN paseseh 1, ABD Rokib- Foto ; Aryan/NC.com

Kepala Sekolah SDN paseseh 1, ABD Rokib- Foto ; Aryan/NC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – SDN Paseseh 1 Tanjung Bumi, Kecamatan Tanjung Bumi merupakan salah satu SD yang  Bangunannya ditetapkan oleh Kemendikbud sebagai cagar budaya, meskipun SDN tersebut nanti memperoleh bantuan rehab dari disdik bangkalan, namun pelaksanaan rehab itu tidak boleh mengubah bangunan asli. “Kalau bangunan fisiknya tidak boleh dirubah, kita nanti hanya akan mengganti plafond dan lantainya saja,” jelas Kepala Sekolah SDN  Paseseh 1 Tanjung Bumi, Abd. Rokib. Rabu (08/05).

Dijelaskan Rokib, bangunan di SDN Paseseh 1 yang merupakan peninggalan Belanda  dan ditetapkan sebagai  bangunan cagar budaya saat ini masih ada 4 ruang kelas, dan  umurnya bagunan tersebut sudah mendekati 1 abad,  karena sekolah itu dibangun pada tahun 1905. “Seandainya nanti mendapat bantuan rehab, kita akan fokus untuk mengganti plafond dan lantai dasarnya yang sudah rusak,” terang Rokib.

Kepala UPT Disdik Tanjung Bumi, Moh. Said membenarkan jika 4 ruang kelas SDN Paseseh 1 Tanjung Bumi yang sudah ditetapkan sebagai sekolah cagar  budaya dan masih digunakan sebagai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) mulai kelas I hingga kelas IV itu, Plafondnya sudah rapuh dan lantainya sudah pecah- pecah. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini mendapat bantuan perbaikan,” pungkas mantan Kepala UPT Disdik Kecamatan Sepulu ini. (yan/min)

Facebook Comments

Kirim komentar anda

(wajib diisi)

(wajib diisi)