SDN Tanah Merah Dajah 1, Buat Perpustakaan Keliling dari Gerobak

Perpustakaan Keliling | oleh Sumaryanto

SDN Tanah Merah Dajah 1, Buat Perpustakaan Keliling dari Gerobak

Maduracorner.com,Bangkalan– Untuk meningkatkan minat baca anak dan mengurangi kepadatan di kantor perputakaan sekolah, SDN Tanah Merah Dajah 1 kecamatan Tanah Merah membuat perpustakaan keliling dari gerobak. Perpustakaan tersebut keliling sekolah pada jam istirahat. “Alhamdulillah mas, semenjak ada perpustakaan keliling, kunjungan anak – anak keruang perpustakaan bisa diatasi,”  kata Kepala Sekolah  SDN Tanah Merah Dajah 1, M Nashir,S.Pd, kepada Mc.com Selasa (20/11/2012).

Dijelaskan dia, perpustakaan keliling yang terbuat dari gerobak ini  untuk menarik perhatian siswa dicat warna – warni atau cat pelangi, panjang gerobak  1,5 meter, lebar, 1 meter dibuat susun tiga dengan ketinggian 1,5 meter, dibantu 4 roda karet kecil. Perpustakaan keliling ini beroperasi pada saat jam istirahat.  kepala perpustakaan Suwarto, rutin setiap jam istirahat mendorong pelan – pelan gerobak tersebut melewati ruang kelas I hingga kelas VI. Kalau ada siswa yang mau pinjam buku, siswa tinggal mendaftar dan buku yang dipinjam bisa dibaca diruang kelas atau dibawa pulang.

Menurut dia, ide pembuatan perpustakaan keliling dari gerobak tersebut bertujuan untuk mengurangi kepadatan anak – anak mengunjungi ruang perpustakaan yang melebihi kapasitas. Apalagi semenjak gedung perpustakaan yang baru selesai dibangun sekaligus dibuat sebagai perpustakaan percontohan di kabupaten Bangkalan oleh Dinas pendidikan Bangkalan, pada bulan Oktober 2012 lalu.

Bahkan kata M Nashir, perpustakaan keliling SDN Tanah Merah Dajah 01 ini mendapat pujian dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (kadisdik) Kabupaten Bangkalan, Drs.H.Mohni,MM. pujian Kadisdik itu disampaikan pada saat menghadiri program kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) kecamatan Tanah Merah, beberapa waktu yang lalu.

Sekedar diketahui, pada tahun 2010 silam, SDN Tanah Merah Dajah yang ditunjuk mewakili kabupaten Bangkalan untuk mengikuti lomba perpustakaan di tingkat propinsi Jatim, SDN tanah Merah Dajahini juga pernah meraih juara harapan II. (yan/min).

Email Autoresponder indonesia