Sebelum Tragedi Mina, Jamaah Haji Sempat Bentrok di Jalan 204

Sebelum Tragedi Mina, Jamaah Haji Sempat Bentrok di Jalan 204Foto: REUTERS/Ahmad Masood
Maduracorner.com – Pihak pemerintah Arab Saudi melalui Direktorat Pertahanan Sipil terus menginvestigasi penyebab insiden di Mina yang hingga kini sudah menewaskan 310 jemaah haji. Berdasarkan hasil temuan sementara, para jemaah sempat terlibat bentrok karena saling berdesakan menuju tempat melempar jumroh Aqabah.

“Volume jemaah yang akan melakukan lempar jumroh Aqabah sangat tinggi dan saling bertemu di jalan menuju Jamarat, tepatnya di persimpangan Jalan 204 dan Jalan 223 di Mina. Jemaah saling tumpang tindih,” kata pihak Direktorat Pertahanan Sipil Arab Saudi melalui akun facebook resminya, Kamis (24/9/2015).

Jumlah jemaah sangat banyak kala itu, mencapai ratusan ribu. Awalnya, para jemaah terlibat saling dorong dan kemudian berlanjut ke pertengkaran yang berujung pada jatuhnya para korban jiwa.

“Sehingga, terjadi pertengkaran dan saling injak antara para jemaah dan sebagian besar dari mereka terjatuh. Pihak Saudi Red Crescent langsung mengambil inisiatif tindakan untuk mengendalikan situasi untuk mencegah bentrok semakin berlanjut dan menyetop arus para jemaah menuju Jamarat,” jelas Direktorat Pertahanan Sipil Arab Saudi.

Akibat kejadian ini, hingga saat ini tercatat sudah 310 jemaah tewas dan lebih dari 450 luka-luka. Pihak Arab Saudi hingga saat ini masih melakukan tindakan evakuasi ke RS yang berada di Mina dan sebagian lagi dibawa ke RS di Makkah.

(Hbb/faj)

Sumber : Ikhwanul Khabibi – detikNews
By : Jiddan
Email Autoresponder indonesia