Secara Berkala, Pemkab Bangkalan Menyediakan Pelayanan Kesehatan Hewan Gratis

Maduracorner.com – Bangkalan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan mulai mengecek kesehatan semua hewan ternak, khususnya yang akan digunakan untuk qurban. Hal tersebut mengantisipasi adanya penyakit zoonosis yang bisa menular pada manusia.

“Secara rutin dan berkala pemeriksaan kesehatan hewan dilakukan dua kali dalam sebulan. kita juga mengadakan program seperti Inseminasi Buatan (IB) dan Upaya Khusus Sapi Betina Wajib Bunting (Upsus Siwab),” kata Plt Kepala Dinas Peternakan Ahmad Hafid saat ditemui Maduracorner.com dikantornya, Jumat, (19/07/2019).

Kemarin itu, kata Hafid, beberapa petugas dari Dinas Peternakan melakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala kepada petani dan peternak.

“Dan yang diperiksa itu sapinya masyarakat namun Dinas peternakan hanya menyediakan pelayanan pemeriksaan hewan secara gratis,” ungkapnya.

Ia juga berinisiatif kedepan berkeinginan membangun program yang mendukung visi misi Bupati. Seperti terkait dengan pusat kesehatan hewan keliling (Puskeswan) dengan tujuan guna untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Dokter hewannyapun Dinas Peternakan yang menyediakan. Selama ini petugas belum menemukan penyakit menular selama melakukan pemeriksaan pada Kesehatan hewan. Namun, pemyakit berbahaya itu penyakit zonoziz yaitu penyakit hewan yang menular kepada manusia seperti flu burung dan sebagainya,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan sebelum pemotongan Qurban bahkan mendakati Hari Raya kita akan mengadakan sosialisasi dengan melibatkan ketua MUI dan takmir masjid serta jagal sapi tentang pemotongan sapi secara bersyariah.

“Itu nanti akan kita sosialisasikan bagaimana cara menyembilih sapi secara syar’i. Dan kita akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan mendekati Hari Raya Qurban yang akan dilakukan pemotongan guna memastikan hewan kesehatan hewan yang akan disembelih,” pungkasnya (tkn)