Sejak Suramadu di Operasikan, Penumpang MPU Sepi

674 views

MPU Sepi | oleh A.Sohib

Ilustrasi

Maduracorner.com, Bangkalan– sejak dioperasikannya jembatan Suramadu 2 tahun lalu, Demaga dan Terminal Kamal menjadi sepi penumpang. hal itu menyebabkan ratusan Mobil Penumpang Umum (MPU) yang biasa mengakut penumpang dari terminal Kamal ke kota Bangkalan juga sepi.

“Sejak ada Jembatan Suramadu, Terminal Kamal sepi, penumpang ngak ada mas,” kata Basuni salah seorang supir MPU jurusan Kamal – Bangkalan, Ahad (02/12).

Dikatakan Basuni, sebelum ada jembatan Suramadu, dirinya bisa 5 hingga 7 kali Pulang pergi (PP) Kamal – bangkalan kota mengangkut penumpang, namun sejak 2 tahun terkahir ini, bisa 3 kali PP sudah untung. “Kalau sekarang sehari 3 kali PP sudah sukur, kadang say apulang ngak bawa uang,” tutur Basuni.

Kadiskominfo Bangkalan, Abd Hamed dikonfirmasi melalui Kabid Perhubungan darat, Achmad Fatah Yasin menjelaskan, selain adanya jembatan Suramadu, sepinya penumpang bagi MPU di kabyupaten bangkalan itu juga disebabkan karena masih banyaknya taksi plat hitam yang beroperasi. “Jadi untuk biaya operasional MPU mereka ngak mampu,” kata Fatah Yasin.

Maka dari itu kata Fatah Yasin, kedepan pihaknya akan melakukan penataan transportasi di kabupaten Bangkalan. “Jadi untuk pelayanan angkutan umum ini memang harus ada intervensi dari pemerintah,” tutur Fatah Yasin.

Lebih lanjut Fatah Yasin menjelaskan, untuk penataan transportasi di kabupaten Bangkalan ini, Dishubkominfo telah membangun terminal type A di desa Masaran kecamatan Tragah. Terminal ini yang akan melayani penumpang angkutan kota antar propinsi, dan terminal ini diprediksikan akan selesai pada tahun 2014.

Selain terminal Type A kata Fatah Yasin, Dishubkominfo juga telah memiliki dua terminal yaitu terminal type B di dalam kota Bangkalan dan terminal type C di Dermaga Kamal, kecamatan Kamal. “Kita berharap dengan selesainya pembangunan terminal Type A itu, Tranportasi angkutan umum di bangkalan bisa tertata dengan baik,” pungkas Fatah Yasin. (min).

Email Autoresponder indonesia