Sejumlah Daerah di Madura Dikepung Banjir, Gubernur Jatim Turun Tangan

397 views
Gubernur Jatim Khofifah Indarprawansah memberikan sembako pada warga terdampak banjir

Madura, Maduracorner.com, Akibat intensitas hujan tingga, empat Kabupaten di Pulau Madura, yakni kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep terendam banjir. 

Empat Kabupaten di Madura tersebut tergenang banjir usai Pulau Madura terjadi hujan lebat hingga kurang lebih 5 jam, Senin-selasa, kemarin. Akibatnya, sejumlah Kota, Kecamatan dan Desa di Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep terendam banjir.

Bencana banjir di Pulau Madura ini menjadi atensi seriuse Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Prawansa. Kader NU ini turun tangan meninjau langsung kondisi banjir ke Pamekasan, Madura, Rabu, (02/03/2022).

Pemantauan tersebut didampingi oleh Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam serta sejumlah personel BPBD Kabupaten Pamekasan. Pemantauan itu dilakukan di Desa Sumedangan.

Dalam kesempatannya, Gubernur Jawa Timur mengatakan perlu adanya pengerukan dan perbaikan tanggul yang sekarang bermasalah, sebagai strategi dan solusi jangka panjang.

“Disini kita siapkan pompa air dan ada alat berat (Excavator).Alat berat ini segera membatu pengerukan karena memang ada pendangkalan dan penyempitan,” tuturnya.

Pihaknya menyampaikan, nanti harus secara sistemik beberapa titik yang harus dilakukan pengerukan.

“Sekarang kami siapkan Excavator dan mudah-mudahan nanti ini akan bisa lebih sistim dengan melihat tanggul yang jebol kemaren,” tandasnya.

“Mudah-mudahan tidak hujan lagi dan cepat surut dan segara bisa di pompa,” tukasnya.

Sementara itu,  Bupati Pamekasan Badrut Tamam menuturkan, Dampak banjir ini tidak hanya karena hujan tetapi juga faktor alam lain yang memang harus perlu kajian dan pengerjaan cepat.

“Ada empat belas desa dan kelurahan yang terdampak banjir, ada 3670 rumah yang harus mendapatkan kepastian aman dan mendapat makanan yang cukup,” pungkasnya. (Red).

banner 468x60)

 maduracorner.com Bangkalan Dikepung Banjir Empat Gubernur Jatim Kabupaten Madura Pamekasan Sampang Sumenep Tangan Turun

Posting Terkait

Email Autoresponder indonesia