Sejumlah Desa dan Kecamatan di Pamekasan Berpotensi Dimekarkan

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam. (FOTO: Google)

PAMEKASAN, MADURACORNER.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, berencana melakukan pemekaran terhadap sejumlah desa dan kecamatan. Rencana ini, untuk mempercepat pelayanan dan memangkas alur koordinasi.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengatakan, desa yang berpotensi untuk dimekarkan antara lain, Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, dan Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan.

“Kedua desa tersebut memiliki jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang banyak,” terangnya, dikutip dari Mediamadura.com, Jumat (24/1/2019).

Selain itu, ada tiga desa lain yang juga berpotensi untuk diproses pemekaran. Sebut saja, Desa Bujur Timur, Desa Bujur Barat, dan Desa Bujur Tengah yang memiliki potensi membentuk kecamatan baru.

“Karena jika digabungkan jumlah DPT-nya melebihi DPT di Kecamatan Pakong,” imbuh Badrut.

Mantan anggota DPRD Jawa Timur tersebut menyebutkan, selain desa ada kecamatan yang memiliki potensi untuk dimekarkan, yaitu Kecamatan Proppo yang memiliki jumlah 27 desa.

“Kecamatan Proppo layak dimekarkan karena di beberapa kecamatan lain justru hanya memiliki rata-rata 10 desa,” ucapnya.

Badrut mengajak semua anggota DPRD Pamekasan untuk mendukung pemekaran desa yang gemuk serta pembentukan kecamatan baru yang akan dibahas lebih lanjut setelah pemilu April 2019.

“Tentunya rencana ini butuh dukungan semua pihak,” tandasnya. (*)
Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad