Sejumlah  SDN di Klampis, Hanya Memiliki 1 Orang PNS

724 views
image

Kepala UPT Disdik Klampis, Matruyam

Bangkalan,Maduracorner.com-Perihatin barangkali itu kata yang bisa diungkapkan pada  peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke – 69 tahun 2014 ini. Hal itu disebabkan karena  kondisi  sejumlah SDN dilingkungan UPT Disdik Klampis Hanya  kepala sekolah (kasek) yang berstatus PNS, sementara gurunya masih berstatus sebagai  guru sukwan . “Dari 34 jumlah SDN dilingkup UPT Disdik Bangkalan, beberapa SDN, hanya mempunyai 1 PNS-nya yaitu Kasek,  semantara  5 hingga 6 guru statusnya masih gur sukwan,” ujar Kepala UPT Disdik Klampis, Matruyam, Kamis, (27/11/2014).

Dijelaskan dia, sejumlah SDN yang mempunyai 1  PNS itu  Diantaranya SDN Lergunung 2, SDN Sorjan 2 dan SDN Penyagsagan,  dari 34 SDN tersebut, rata-rata per SD itu dibantu 5-6 guru sukwan. Sedangkan tenaga sukwan yang mengabdi sebagai guru di UPT Disdik Klampis, jumlahnya sekitar 175-200 orang. “Rata-rata setiap SDN itu, ada sekitar 5 – 6 sukwan yang mengabdi sebagai guru,” kata Matruyam sambil menunjukan data-data laporan guru sukwan bulanan yang dikirim ke Disdik Kabupaten Bangkalan. 

Menurut Matruyam, mengenai honor yang diterima para  guru sukwan  rata – rata  mereka menerima honor antara  Rp.250 ribu – Rp.300/bulan. “Besar – kecil honor yang diterima guru sukwan sangat tergantung dari kemampuan keuangan SDN masing – masing,” tandasnya.

Penulis : Aryan
Ediyor  ; Sohib

Email Autoresponder indonesia