Sektor Usaha Kuliner Sumbang Rp 1,7 Miliar Lebih Terhadap PAD Bangkalan

Salah satu usaha kuliner bebek di Ketengan Burneh-foto: Aryan/MC.com

Salah satu usaha kuliner bebek di Ketengan Burneh-foto: Aryan/MC.com

Kuliner Bebek Tumbuh Pesat |Oleh : Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan– Sektor usaha kuliner olahan bebek khas Bangkalan dengan kelezatan dan ragam menu racikan bumbunya, pada akhir tahun 2013 ini mampu menyumbang Rp 1,7 miliar lebih terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Bangkalan. “Alhamdulillah hingga akhir tahun 2013 lalu, PAD kuliner di Kabupaten Bangkalan sudah melebihi target atau diatas target yang ditetapkan yakni Rp 1,5 miliar lebih,” ujar Kepala Dinas Pendapatan (Dispenda) Bangkalan, Setijabudi, Selasa, (18/3).

Itu sebabnya, lanjut setijaBudi, untuk tahun ini dan seterusnya Pemkab. Bangkalan menargetkan pemasukan PAD kuliner lebih dari Rp 1,7 miliar. Target itu tidaklah berlebihan jika melihat perkembangan makanan khas Bangkalan, khususnya menu olahan bebek karena tidak hanya diminati oleh mayoritas warga lokal (Bangkalan) saja. Tapi wisatawan domestik dari beberapa kota diluar Madura, seperti Surabaya dan wisata religius yang berkunjung ke Bangkalan selalu menyempatkan diri untuk mencicipi menu bebek yang semakin kesohor hingga ke kabupaten/kota di Jatim dan kota lainnya.Termasuk beberapa tahun belakangan ini, perlahan tapi pasti kuliner bebek tampak berkembang pesat dan menggeser popularitas makanan khas lokal seperti sate dan soto Madura yang sebelumnya sempat berjaya sebagai makanan yang paling banyak diburu oleh para penggemar kuliner berat. Kedepan sektor usaha kuliner jenis bebek goreng dan menu bebek yang dimasak dengan ragam bumbu lainnya diprediksi akan semakin pesat dan cukup memberi sumbangan terhadap PAD Bangkalan.
 
“Pemkab.Bangkalan mematok retribusi tahun ini, 10 persen bagi tiap pelaku kuliner atau target perolehan PAD Bangkalan dari sektor kuliner diatas Rp 1,7 miliar,” pungkasnya. (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia