Selayang Pandang Universitas Trunojoyo Madura (UTM) I Maduracorner.com. Bangkalan

b_200_0_16777215_0___images_stories_gambar_logo_utm_2012_oke Universitas Trunojoyo Madura (UTM) merupakan kelanjutan dari atau perubahan Universitas Bangkalan Madura (UNIBANG) berstatus Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Kyai Lemah Dhuwur MKGR Bangkalan pada tahun 1981,UNIBANG mempunyai tiga fakultas yang antara lain : Fakultas Hukum dengan Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Ekonomi dengan Jurusan Manajemen dan Fakultas Teknik dengan Jurusan Budidaya Teknik. Upaya mendirikan Unibang saat itu dilandasi untuk meningkatkan dan menampung Sumber Daya Manusia (SDM) secara khusus di Madura yang relatif rendah dan apabila melanjutkan kuliah selalu ke luar Madura. Oleh karena itu usaha-usaha kearah perbaikan baik soft ware maupun hard ware terus dilakukan. Puncaknya terjadi pada saat ditetapkannya penegerian yaitu perubahan status dari PTS (Unibang) menjadi UTM (PTN).

Peresmian UTM menjadi Universitas Perguruan Tinggi Negeri ini diresmikan oleh Bapak Presiden Abdul Rahman Wahid pada tanggal 23 Juli 2001 dan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomer : 85 Tahun 2001, tertanggal 5 juli 2001. Dan Peresmiannya berlangsung pada tanggal 23 Juli 2001. Pada saat  itulah  beliau memberikan sambutan yang mana  mengatakan bahwa salah satu keinginan dan cita-cita dari masyarakat madura ini telah tercapai yaitu masyarakat madura mengharapkan khususnya dipulau garam ini ada salah satu Perguruan Tinggi Negeri, karena apa? karena pada dasarnya banyak sekali para calon mahasiswa yang setelah lulus dari bangku sekolah tingkat atas (SMA) meneruskan kuliahnya di luar pulau madura. Dengan melihat kenyataan yang ada inilah maka pada  tanggal 23 juli 2001 Presiden memutuskan bahwa PTN yang ada dipulau madura harus berkembang dan bisa bersaing dengan Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta yang mana telah berdiri dahulu dan memberikan mutu serta kwalitas pelayanan pendidikan bagi para calon mahasiswa. Presiden mengharapkan dengan adanya PTN di Pulau Madura inilah para Calon Mahasiswa yang akan menuntut ilmu tidak perlu jauh-jauh ke luar pulau. Jika melihat Jembatan Suramadu merupakan akses dimana dapat mempermudah para calon mahasiswa yang dapat dengan mudah kuliah di luar pulau Madura

Universitas Trunojoyo Madura (UTM) memiliki pandangan  bahwa kampusnya adalah tempat pembentukan dan peningkatan kehidupan melalui program outreach dan community development. Dengan program pengembangan di dalam kampus, mahasiswa difasilitasi untuk bertumbuh menjadi manusia dewasa yang matang secara  iman, karakter, keterampilan dan intelektual. Mendidik bukan hanya bertujuan mengisi otak dengan berbagai pengetahuan tetapi untuk membentuk seseorang yang mempunyai kepribadian yang utuh dan mampu membangun kehidupan yang lebih baik. Hal itu tercermin dalam semangat NON SCHOLAE VITAE DISCIMUS (Kita Belajar bukan demi ilmu pengetahuan belaka, melainkan demi kehidupan) dimana mahasiswa didorong tidak hanya mengejar ijazah semata, namun lebih baik dari pada itu, mereka juga belajar mengembangkan kehidupan pribadi serta kehidupan masyarakat luas.