Selesaikan Masalah Nelayan, GP Ansor Turun Ke Perkampungan Nelayan

Sarasehan di Kampung Nelayan   | oleh : A.Shohib.

 

Ketua GP Ansor Bangkalan, Hasani Zubair bersama Bupati bangkalan terpilih, Ra Momon-Foto : A.Shohib/MC.com

Ketua GP Ansor Bangkalan, Hasani Zubair bersama Bupati bangkalan terpilih, Ra Momon-Foto : A.Shohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Banyaknya permasalahan yang menimpa nelayan Bangkalan menjadi perhatian serius Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bangkalan. Rabu (20/02), melalui Departemen advokasi dan pemberdayaan masyarakat, GP Ansor bangkalan langsung turun ke perkampungan Nelayan di Kampung Bandaran Kelurahan Pajagan Bangkalan. “Melalui Sarasehan masyarakat Nelayan ini, kita ingin melakukan pendampingan dalam menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapi para nelayan,” terang Ketua GP Ansor Bangkalan, H Hasani Zubair.

Dikatakan Hasani Zubair, Dalam acara sarasehan masyarakat Nelayan ini, GP Ansor sengaja menghadirkan Bupati Bangkalan terpilih, RKH Makmun Ibnu Fuad. “Pak Bupati terpilih sengaja kita undang agar beliau mendengarkan langsung keluhan dari para nelayan, jadi nanti keluhan-keluhan nelayan ini bisa dicarikan solusi untuk mewujudkan kehidupan masyarakat nelayan yang lebih sejahtera,” terang Ra Hasani panggilan akrabnya Ketua GP Ansor Bangkalan ini.

Joko Sukarno perwakilan Nelayan kampung Bandaran menyatakan, permasalah yang dihadapi nelayan pada saat ini adalah serbuan dari nelayan luar daerah bangkalan yang menggunakan jaring mini trol saat melaut. “Kami harap pemerintah membuat aturan yang tegas tentang boleh tidaknya memakai alat tangkap mini trol ini, sebab alat ini sangat merusak ekosistem laut, seperti trumbu karang,” kata Joko Sukarno.

Selain masalah serbuan dari nelayan luar kata Joko Sukarno, permasalahan nelayan lainnya adalah tidak adanya tangkis laut untuk nelayan kampung Bandaran. ”Kami berharap pemerintahan ra Momon nanti bisa memberi bantuan tangkis laut, ini (Tangkis laut Red) sangat dibutuhkan para nelayan,” tutur Joko Sukarno.

Hal senada juga diungkapkan oleh Mohammad Hamim nelayan Pageranan, dia berharap selain tangkis laut, pemkab Bangkalan dibawah kepemimpinan RKH Makmun Ibnu Fuad nanti juga bisa memberi bantuan alat tangkap. “Memang selama ini kami pernah diberi alat tangkap, tapi masih kurang pak,” kata Hamim.

Menanggapi adanya keluhan dari nelayan Bandaran dan pangeranan itu, bupati Bangkalan terpilih, RKH Makmun Ibnu Fuad menyatakan, bahwa pembangunan tangkis laut nantinya akan di prioritaskan. “Untuk pembangunan tangkis laut nanti akan kita prioritaskan,” kata Ra Momon panggilan akrabnya Bupati Bangkalan terpilih.

Sementara untuk  keluhan nelayan lainnya kata Ra Momon, dirinya sudah meminta kepada instansi terkait yang hadir dalam acara sarasehan tersebut untuk mencatatnya. “Jadi apa yang menjadi keluhan sudah kita tampung dan nanti semua permasalah yang mendera nelayan akan kita selesaikan, saya tidak mau hanya berjanji saja, namun Insya Allah akan saya realisasikan,” pungkas Ra Momon. (min).

 

Email Autoresponder indonesia