Sempat Diisolasi, Pasien Mirip Gejala Corona di RSUD Bangkalan Dinyatakan Negatif

dr Catur Budi, ketua Tim satgas Coronoa RSUD Bangkalan

Bangkalan, Maduracorner.com – Kepanikan dirasakan sejumlah warga di Bangkalan jumat malam, pasca beredarnya video penanganan pasien di RSUD Bangkalan.

Dalam video tersebut petugas medis menggunakan alat pelindung diri sebagaimana standart penanganan pasien corona. Kepanikan tim medis RSUD Bangkalan terlihat saat menangani seorang pasien di ruang IGD. Para petugas medis tampak menggunakan alat pelindung diri lengkap serta menyemprotkan disinfektan disepanjang jalur yang dilalui pasien tersebut.

Video tersebut viral dalam waktu singkat dan sempat membuat gaduh warga di Bangkalan. Sempat beredar beberapa versi informasi, bahwa pasien dalam video tersebut adalah pasien virus corona, adapula yang menyebutkan bahwa hal tersebut hanya sekedar simulasi yang dilakukan RSUD Bangkalan.

Pasca ditemui jumat malam, pihak rumah sakit menyatakan bahwa tindakan dalam video dilakukan pada pasien yang mengalami gejala mirip pasien corona, dan bukan simulasi. Langkah tim medis menggunakan alat lengkap sebagaimana digambarkan dalam video, adalah bentuk antisipasi satgas Corona RSUD Bangkalan.

“Ini bentuk antisipasi, daripada kecolongan mending gini,” terang dr Catur Budi, ketua Tim satgas Coronoa RSUD Bangkalan.

Pasien berinisial N, pria berusia 70 tahun adalah warga Kecamatan Kamal yang baru saja pulang dari umrah. Beberapa jam setibanya dirumah, yang bersangkutan mengalami batuk, sesak nafas, dan suhu tubuh panas tinggi.

Usai dilakukan serangkaian observasi, dapat disimpulkan bahwa pasien tersebut mengalami infeksi paru paru akibat bakteri. Pasien juga mengalami riwayat sesak nafas sebelumnya. Sempat masuk ruang isolasi, N akhirnya dirawat di ruang rawat inap.

“Sempat masuk ruang isolasi IGD, tp setelah observasi kami rawat yang bersangkutan di ruang rawat inap biasa,” imbuh dr Catur.

Atas kondisi ini, pihak RSUD Bangkalan meminta agar masyarakat tidak panik. Walau demikian sangat diperlukan kewaspadaan dalam bentuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. (Jim)

Email Autoresponder indonesia