Sepi Pembeli, Harga Kambing Masih Stabil

1091 views
image

Harga Kambing Untuk Kebutuhan Qurban Masih Stabil

Bangkalan, maduracorner.com – Harga kambing masih cukup stabil menjelang perayaan hari raya Iedul Adha 1436 H. Menurut sebagian pedagang, hal ini karena permintaan hewan ternak untuk kebutuhan qurban tersebut masih rendah.

“Belum ada kenaikan, mas. (Harga kambing) berkisar 1,7 – 2 juta rupiah/ ekor. Mungkin karena hari raya qurban masih dua minggu lebih sehingga warga belum berminat membeli”,jelas Muhdor, salah seorang pedagang kambing saat ditemui maduracorner.com di pasar hewan Langkap, kecamatan Burneh, minggu (6/9/2015) pagi.

“Harga itu harga yang sekarang. Tapi bisa jadi, seminggu lagi bisa berubah (naik). Apalagi biasanya, harga hewan qurban pasti mengalami kenaikan seiring makin dekatnya perayaan Iedul Adha”,terangnya lagi.

Muhdor pun memberi saran bagi warga yang hendak ber-qurban kambing. Yakni membeli sedini mungkin untuk menghindari kenaikan harga yang lebih tinggi. “Tapi resikonya ya harus merawat kambing tersebut hingga Iedul Adha nanti”,katanya.

“Bisa juga dititipkan ke tetangga atau pedagangnya dengan menambah ongkos perawatan atau biaya pakannya. Tapi jika dihitung, tetap lebih murah beli sekarang kok meski harus nambah biaya pakan tersebut”,ujar Muhdor berpromosi.

Dari pantauan maduracorner.com, harga kambing hingga saat ini memang masih relative stabil. Namun untuk harga sapi sudah mengalami kenaikan berkisar 10-15 persen dari harga semula. Hal ini terlihat di pasar hewan Langkap Burneh dan pasar hewan Blega. (mad)

Penulis: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia