Septian – Zaenuri, ‘Duo Jhon Terry’ di Jantung Pertahanan Perseba Bangkalan

M Zaenuri (paling kiri) dan Septian Nugroho (paling kanan) Bersama Skuad Inti Perseba Bangkalan 2013. foto : mamad/mc.com

M Zaenuri (paling kiri) dan Septian Nugroho (paling kanan) Bersama Skuad Inti Perseba Bangkalan 2013. foto : mamad/mc.com

 

Duet Centreback Tak Tergantikan Musim Lalu | Oleh Mamad el Shaarawy

maduracorner.com, Bangkalan – Dibalik ketangguhan lini belakang skuad Perseba Bangkalan, ada dua nama yang rasanya layak untuk disebut. Mereka adalah duet centreback Septian Nugroho dan M Zaenuri.

Kuatnya lini belakang Perseba dibuktikan pada dua momen. Yang pertama, saat menjalani Divisi III Nasional 2013/2014 lalu, Perseba hanya kebobolan 7 gol selama 1 musim. Pembuktikan kedua kala tim ini meladeni Timnas Indonesia U-19, jumat lalu (21/2). Septian dan Zaenuri tampil solid mengawal pertahanan Perseba yang saat itu memakai nama Tim Pra PON Jatim. Alhasil, Evan Dimas dkk hanya bisa menjaringkan 1 gol saja ke gawang Perseba yang dikawal M Rizki.

Ketangguhan 2 pemain ini sudah terlihat sejak awal kompetisi Divisi III Nasional 2013 lalu. Septian yang memegang ban kapten tim, bahu-membahu dengan M Zaenuri mengawal lini vital tersebut dari serangan lawan.

Sebagai pemain belakang, Septian Nugroho memiliki beberapa keistimewaan. Selain memiliki kecepatan saat adu sprint dengan striker lawan, pemain asal Jember ini juga cakap membaca lawan maupun passing lawan. Hal ini membuatnya seringkali mampu melakukan intercept bola dengan baik.

“Tugas utama pemain belakang ya menghalau setiap serangan lawan. Jika selama ini kinerja kami di lini pertahanan Perseba sudah dibilang bagus, ya Alhamdulillah mas. Itu semua berkat kerjasama antar rekan satu tim”,terang Septian kepada maduracorner.com, kamis sore (27/2).

Sedangkan sebagai kapten tim, Septian mampu memberi komando rekan-rekan satu timnya dengan baik. “Kapten tim itu ibarat pemimpin di lapangan. Septian mampu melakukan itu, mas”,ujar M Fahmi, salah seorang pemain Perseba Bangkalan yang berposisi sebagai pemain depan.

Begitu halnya dengan M Zaenuri. Dengan modal tubuhnya yang tinggi besar, dia nyaris selalu unggul saat duel udara. Baik saat menghalau umpan silang maupun sepak pojok. Penyerang lawan pun dibuat tidak berkutik kala melakukan bodycharge dengan pemain asal Bojonegoro ini. Karena bisa dipastikan, Zaenuri selalu mampu menang duel.

Kemampuan Zaenuri lainnya sebagai centreback adalah ketenangannya saat mengawal lawan. Bahkan seringkali ia dengan santainya mempermainkan bola di daerah pertahanan. Padahal, pemain lawan sedang melakukan preassure terhadap dirinya dan menunggu dia melakukan kesalahan. Namun Zaenuri tetaplah Zaenuri. Nyaris tak ada kesalahan fatal selama mengawal lini belakang Perseba.

Keistimewaan lain mantan pemain Persisos Sorong Selatan ini yakni kemapuannya mencetak gol. Selama putaran kompetisi Divisi III Nasional tahun 2013 lalu, Zaenuri tercatat mampu membobol gawang lawan sebanyak 7 kali. Bahkan 2 gol pernah ia sarangkan dalam 1 pertandingan saat melawan Persab Brebes di putaran 4 Besar Zona Jawa Divisi III Nasional tahun 2013 lalu.

Secara kebetulan, Septian dan Zaenuri memiliki pemain favorit yang sama. Yakni Jhon Terry, defender Chelsea FC, klub English Premier League. “Pemain favorit saya memang Jhon Terry. Saya suka dengan kemampuan dia sebagai pemain belakang”,ucap Septian.

Selama memperkuat Perseba Bangkalan, pemain yang juga masuk dalam skuad Pra PON Jatim ini mengatakan, ada 2 momen indah yang tak terlupakan. Yakni membawa Perseba Bangkalan juara Divisi III Nasional 2013 dan momen saat melawan Timnas Indonesia U-19.

Duel lawan Evan Dimas dkk, memang membuat Septian Nugroho takjub. Pasalnya, gemuruh dukungan publik Madura saat itu sangat luar biasa. Ia pun menyatakan terima kasih atas kecintaan masyarakat pada tim yang dipimpinnya.

“Malam itu memang menjadi momen yang sangat membahagiakan kami, termasuk saya sebagai kapten tim. Masyarakat Madura yang datang ke stadion sangat antusias. Saya terharu. Terima kasih banyak untuk para pecinta bola di Bangkalan dan masyarakat Madura secara umum”,pungkas sang kapten. (mad)

 

Profil Singkat Septian Nugroho:
Nama: M Zaenuri

Tempat tanggal lahir: Sukabumi, 3 September 1993

Tinggi/berat badan: 182/ 70

Posisi: Centreback

Pemain Favorit: Jhon Terry

Klub Favorit: Chelsea FC
Karir klub: Popda Jember, Persinga Ngawi, Porprov Ngawi, Pra PON Jatim, Perseba Bangkalan

 

Profil Singkat M Zaenuri:

Nama: M Zaenuri

Tempat tanggal lahir: Bojonegoro, 10 Juni 1995

Tinggi/berat badan: 185/ 75

Posisi: Centreback

Pemain Favorit: Jhon Terry

Klub Favorit: Chelsea FC
Karir klub: Persibo Bojonegoro Junior, Persema Malang Junior, Persisos Sorong Selatan, Porprov Kota Malang, Pra PON Jatim, Perseba Bangkalan