Serap Aspirasi Masayarakat Melalui Refleksi Akhir Tahun

427 views
Refleksi Akhir Tahun-Foto: A Shohib/MC.com

Refleksi Akhir Tahun-Foto: A Shohib/MC.com

Refleksi akhir Tahun | oleh : A Shohib

Maduracorner.com, Bangkalan– Pada Refleksi akhir tahun yang di gelar Pemkab Bangkalan, Bupati Bangkalan RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad mengumpulkan para Cendekiawan, mahasiswa, tokoh masyarakat, aktivis, lsm, dan ulama. Dikumpulkanya elemen masyarakat itu untuk menyatukan visi dalam membangun Kabupaten Bangkalan ke depan.

Dalam kesempatan itu Bupati yang akrab di sapa Ra Momon mengatakan, sejak dilantik pada tanggal 4 Maret 2013 lalu, dirinya melanjutkan proses pembangunan yang telah dilakukan oleh kepemimpinan sebelumnya. Sejumlah pembangunan yang dilakukan seperti jalan akses suramadu menuju pelabuhan socah, dan pembangunan RSUD Syarifah Ambami Rato Ebuh (Syamrabu) “Dalam pencangan program 100 hari pertama, kita meningkatkann kualitas pendidikan dan kesehatan, sedangkan 100 hari kedua peningkatan kualitas ekonomi masyarakat, membantu kegiatan usaha masyarakat dan pada 100 hari ke 3, ada peningkatan budaya agamis masyarakat, kami sadari semua itu butuh kerja keras dan partisipasi aktif masyarakat, refleksi akhir tahun ini dilakukan guna menampung aspirasi masyarakat, yang nantinya tentu berguna sebagai masukan kami dalam membangun bangkalan kedepan,” kata Ra Momon pada acara refleksi akhir tahun di pendopo R Pratanu, Senin (23/12)

Dikatakan Ra Momon, semua aspirasi yang di sampaikan oleh elemen masyarakat sangat membantu untuk keberlangsungan pembangunan di kabupaten Bangkalan. “Kami nilai semua aspirasi yang disampaikan ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian masyarakat kepada kami pemerintah dan itu semua demi kebaikan bangkalan kedepan,” katanya.

Sementara itu tokoh masyarakat bangkalan, RKH Fuad Amin meminta agar LSM tidak hanya membantu kinerja penegak hukum akan tetapi juga membantu kinerja Bupati.”Kesulitan saya saat jadi bupati, memang masalah air di kokop, terkait proyek, LSM juga bisa memantau kontraktor, bukan pemkab saja. Jadi saya minta LSM tidak hanya membantu kinerja penegak hukum, akan tetapi juga bisa membantu kinerja bupati juga,” tutur Ra Fuad.

Ra Fuad meminta jika ada maslaah terkait dengan pemerintahan, agar supaya melapor ke Bupati. “Slahkan untuk LSM, jika ada bukti-bukti langsung laporkan saja ke bupati agar jajaran terkait bisa ditindak,” katanya.

Mantan orang nomer satu itu tidak melarang LSM untuk mengkritisi Bupati Bangkalan RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad. “Lsm silahkan mengkritisi bupati dan wakil bupati, tapi jangan mengkritisi pribadi dan keluarganya,” pungkas Ra Fuad (shb).