Serat dan Asal Batu Zamrud

30844 views

 

Bangkalan, Maduracorner.com – Serat-serat batu permata sangatlah penting sebagai pentunjuk untuk mengenali batu permata baik nama, natural atau sintetis atau bahkan imitasi. hal ini disebabkan karena semua batu permata mempunyai ciri khusus. Ciri-ciri khusus batu permata Natural pada ada tidaknya serat-serat.
Alur serat-serat juga dapat digunakan sebagai petunjuk untuk mengetahui sebuah batu tersebut berasal dari mana, misalnya origin Emerald colombia, Emerald origin India atau Emerald Origin Rusia. Serat-serat batu permata ini dapat dilihat dengan Loupe dengan pembesaran yang cukup serta pencahayaan yang cukup pula.
emerald colombia  

 

 

 

 

inclusion emerald Colombia

Serat-serat pada gambar di atas adalah serat batu permata jenis emerald Colombia.  Untuk lebih memahami batu permata usahakan jangan cepet bosan, harus ada ketekunan dalam mempelajari batu permata.

 

Disamping  Emerald yang Natural banyak juga ditemukan Emerald yang sintetis, ciri-ciri emeral sintetis mempunyai inclusion atau serat seperti di bawah ini

 

sintetis emerald

 

Batu Zamrud Merupakan sebuah permata atau batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua.
Zamrud termasuk mineral silikat beril yang mengandung beryllium dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut.

Sebenarnya juga banyak batu-permata berwarna hijau lain nya, tetapi hijau jamrudlah yang dianggap paling mempesona. Sebagai mineral, jamrud termasuk kelompok jenis beril. jenis beril ini sebenarnya ada juga yang berwarna biru, kuning dan merah. tetapi hanya warna hijaulah yang sejuk dan teduh itulah yang membuatnya bisa tampil sejajar dengan batu-permata-mulia lainya.

Kekerasan zamrud termasuk tinggi (7,5 dalam skala Mohs).
Berikut beberapa keunikan warna dari Batu Permata Zamrud Emerald ini.

Batu Zamrud Colombia

zamrud-colobia1.jpg

 

 

Batu Zamrud Zambia

zamrud-zambia1.JPG

 

 

 

Batu Zamrud Brazil

zamrud-brazil1.jpg

 

Batu Zamrud Rusia

zamrud-rusia1.jpg

 

 

 

Batu Zamrud Kalimantan

zamrud-kalimantan1.jpg


Uniknya, mayoritas mineral jamrud terlahir dengan membawa ciri khas alami berupa retakan-retakan ataupun serat-serat sehingga kalau bisa menemukan satu yang berwarna bagus hijau segar, hijau kekuningan, hijau kebiruan dan berbody mulus

 

Sumber : http://sinarpermata.files.

By : Jiddan

 

Email Autoresponder indonesia